Follow Us

Beda Cara Biden Dengan Trump, Israel Tidak Bisa Pongah Caplok Wilayah Palestina Lagi, Salah Satu Sebabnya Biden Tidak Kenal Taipan Yahudi Ini

Maymunah Nasution - Senin, 09 November 2020 | 05:35
Warga New York berkumpul di Times Square untuk merayakan kemenangan Joe Biden dan kekalahan Donald Trump di pilpres AS, pada Sabtu (7/11/2020).
(AP PHOTO/SETH WENIG)

Warga New York berkumpul di Times Square untuk merayakan kemenangan Joe Biden dan kekalahan Donald Trump di pilpres AS, pada Sabtu (7/11/2020).

Sosok.ID - Empat tahun pemerintahan Donald Trump di AS, banyak kebijakan kontroversial yang ia ambil.

Salah satunya adalah pemindahan kantor Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Trump mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan juga, dan tidak menentang ekspansi mematikan Israel ke Tepi Barat.

Baca Juga: Kehebatan Kemampuan 'Silat Lidah' Kim Jong-Un, Berhasil Merogoh Hati Dua Negara Ini Agar Selamatkan Negaranya Dari Keruntuhan Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19, Data Tunjukkan Sebelum Pandemi Ekonomi Korea Utara Sudah Sangat Buruk

Bahkan Trump juga sampai menunjuk advokat termasyur atas sebagai duta besar AS untuk Israel.

Trump menghentikan bantuan AS ke Palestina dan bahkan memutus ikatan dengan pemimpin Palestina.

Ditambah lagi, ia juga menghanguskan beberapa perjanjian perdamaian antara Israel dengan negara lain di wilayah Timur Tengah.

Memang, kebijakan AS atas Timur Tengah mengalami perubahan radikal selama Trump menjabat.

Presiden AS sebelumnya baik dari Partai Republik atau Demokrat percaya bahwa solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina menjadi kunci perdamaian dan stabilitas di seluruh wilayah tersebut.

Halaman Selanjutnya

Source : haaretz.com

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest