Follow Us

Kim Jong Un Puji Heroiknya Kematian Tentara Perang Tiongkok Saat Lawan AS, Hubungan China-Korut Pernah Sedekat Bibir dan Gigi

Rifka Amalia - Kamis, 22 Oktober 2020 | 20:13
Kim Jong Un dan Xi Jinping
Kolase Gridhot

Kim Jong Un dan Xi Jinping

Sosok.ID - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah memberikan penghormatan kepada jutaan tentara China yang melawan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS).

Para tentara China itu terhenti dan menyelamatkan negaranya dari kekalahan dalam Perang Korea, media pemerintah melaporkan Kamis (22/10/2020).

Melansir Straits Times, konflik di masa lalu pada tahun 1950- 1953 adalah yang pertama dan sejauh ini satu-satunya konflik saat pasukan China dan AS terlibat dalam pertempuran langsung skala besar.

Baca Juga: Bikin Gemetaran, China Blak-blakan Asah Militernya untuk Serang Taiwan: Sangat Mengkhawatirkan, Niat Kejam Itu Bahkan Tak Disembunyikan

Dengan ketegangan yang memuncak antara Beijing dan Washington, China memperingati 70 tahun militernya dalam pertempuran itu.

Di sisi lain, China adalah sekutu lama Korea Utara dan dermawan ekonomi bagi negaranya.

Mao Zedong, mantan Presiden Republik Rakyat Tiongkok, putra tertuanya Mao Anying yang juga terbunuh dalam pertempuran, menggambarkan hubungan itu "sedekat mungkin dengan bibir dan gigi".

Baca Juga: China 'Olok-olok' AS Kelewat PD, Indonesia Jadi Negara ASEAN Pertama yang Tegas Tolak Kunjungan Pesawat Mata-mata: Kami Ogah Ditipu!

Hubungan China dan Korea Utara telah berfluktuasi selama bertahun-tahun karena ambisi nuklir Pyongyang yang berkembang.

Tetapi dengan negosiasi antara Korea Utara dan AS terhenti, kedua belah pihak telah bergerak untuk memperkuat aliansi mereka.

Kim Jong Un beberapa waktu lalu mengunjungi pemakaman "para martir" Relawan Rakyat China untuk memperingati hari jadi militernya yang ke 70.

Baca Juga: Tambah Memanas! AS Terima Tantangan Perang China, Kini Pasang Rudal Hipersonik ke Kapal Perusak dan Kapal Selam demi Lawan Kapal Induk Baru Milik Tiongkok

Source : The Strait Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest