Sampai Buat Presiden AS Satu Ini Tak Terpilih Lagi, Ini Beberapa Kegagalan Terburuk Pasukan Khusus AS, Navy SEAL Juga Pernah Gagal!

Militer AS National Interest
Militer AS

Sosok.ID - Militer Amerika Serikat (AS) adalah militer yang sangat gemar kembangkan pasukan khusus.

Kegemaran itu sudah bertahan sejak Perang Dunia II, dengan membentuk kelompok pasukan kecil dipersenjatai lengkap dan juga dengan misi yang sulit dilaksanakan.

Dengan latihan ekstrim dan kemampuan mental dan fisik yang unggul, secara teori pasukan khusus akan mencapai kemampuan yang tidak bisa dicapai oleh tentara biasa.

Baca Juga: Jaga-jaga dari Serangan Rusia, Angkatan Darat AS Siapkan Senjata Khusus untuk Perang Nuklir yang Bisa Pecah Kapan Saja, ‘Medan Perang Langsung Berubah dan Musuh Kami Akan Dilema'

Beberapa contoh operasi khusus adalah operasi pembunuhan Osama bin Laden di Pakistan.

Meski begitu, operasi khusus justru lebih sering hadapi kritik dari para tentara konvensional.

Sering jadi masalah adalah saat salah seorang tentara ditarik dari unitnya karena kemampuannya untuk bergabung dengan formasi pasukan khusus, membuat unitnya kekurangan orang.

Secara organisasi, beberapa komandan terlalu konservatif terkait penggunaan operasi khusus, sedangkan yang lain justru menggunakan pasukan khusus di operasi 'biasa', padahal SDM di unit tersebut memiliki efek yang terbatas.

Lebih lagi, para politikus, tanpa kemampuan militer yang mumpuni, sering menganggap operasi khusus menarik, tanpa mengevaluasi biaya operasionalnya.

Halaman Selanjutnya

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR