Follow Us

Grup Reagan Carrier Strike Balik Ongkang-ongkang di Laut Cina Selatan Saat Ketegangan dengan China Memuncak

Rifka Amalia - Jumat, 16 Oktober 2020 | 18:00
Kapal perusak berpeluru kendali US saat transit di selat Taiwan.
Twitter @USPacificFleet.tw.

Kapal perusak berpeluru kendali US saat transit di selat Taiwan.

Sosok.ID - Kapal induk Ronald Reagan dan kelompok penyerang kembali ke Laut Cina Selatan pada Kamis (15/10/2020) untuk ketiga kalinya di tahun 2020.

Melansir navytimes.com, kapal induk yang berbasis di Jepang ini bergabung dengan Carrier Air Wing 5, kapal penjelajah berpeluru kendali Antietam dan kapal perusak berpeluru kendali John S. McCain dan Halsey.

Di sana, kelompok pemogokan melakukan operasi penerbangan, latihan pemogokan maritim, dan pelatihan antara unit permukaan dan udara.

Baca Juga: Sebut AS Picu Persaingan Geopolitik, China Minta Negara-negara di ASEAN Waspadai Strategi Indo-Pasifik dari Washington

Kepala Operasi Angkatan Laut (CNO), perwira militer senior dari Departemen Angkatan Laut mengatakan dalam cuitanya.

"@USNavy akan terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan," tulisnya dalam akun Twitter @USNavyCNO

Sementara itu Armada Pasifik AS membagikan foto-foto dimana kapal perusak berpelurunya sedang transit di selat Taiwan.

Baca Juga: Tiongkok Ancam Bakal Beri Balasan Sengit Bila AS Benar-benar Kirim Drone MQ-9 Reaper ke Pulau Buatannya di Laut China Selatan

"Kapal perusak berpeluru kendali @ US7thFleet #USSBarry melakukan transit rutin Selat Taiwan pada hari Rabu, menunjukkan komitmen AS terhadap #FreeandOpenIndoPacific," tulis @USPacificFleet.tw.

Laut China Selatan terus menjadi area perselisihan.

Agresivitas Beijing dalam mengklaim perairan di wilayah tersebut memunculkan kekhawatiran dunia internasional.

Baca Juga: WW3? 60 Jet Tempur AS Intai Laut China Selatan, Penyamaran menjadi Pesawat Non-Militer Bisa Habisi Nyawa Penumpang Sipil Sebenarnya!

Source : Navy Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest