Follow Us

Ogah Tertipu Lagi dengan Tangisan Kim Jong Un, Korea Selatan Tancap Gas Persiapkan Seluruh Pasukan dan Persenjataan, Perang Korea Lagi?

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 16 Oktober 2020 | 12:13
Ogah Tertipu Lagi dengan Tangisan Kim Jong Un, Korea Selatan Tancap Gas Persiapkan Seluruh Pasukan dan Persenjataan, Perang Korea Lagi?
Dokumentasi kolase Intisari Online/KCNA, Koreaboo

Ogah Tertipu Lagi dengan Tangisan Kim Jong Un, Korea Selatan Tancap Gas Persiapkan Seluruh Pasukan dan Persenjataan, Perang Korea Lagi?

Sosok.ID -Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un belum lama ini jadi perbincangan publik dunia setelah untuk pertama kali meneteskan air mata di depan publik.

Di kesempatan pidato tersebut, Kim juga mengatakan ingin menjalin hubungan baik dengan negara tetangganya lagi.

Acara perayaan partai buruh Korea Utara itu selain diisi dengan pidato Kim Jong Un, juga dengan parade militer seperti rudal balistik antar benua yang baru saja selesai dibuat oleh Korea Utara.

Hal itupun dianggap membahayakan bagi Korea Selatan, meski Kim Jong Un terang-terangan ingin memperbaiki hubungan kedua negara.

Baca Juga: Korut Jangan Jumawa, Korsel Bisa Lakukan Serangan Kilat Mematikan ke Pyongyang dalam Waktu Singkat

Namun maksud lain diterima oleh Korea Selatan atas apa yang diucapkan oleh Kim Jong Un sebagai genderang perang bagi mereka.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan bahwa tentara Korea Selatan akan memulai latihan militer tahunan berskala besar pekan depan.Pengumuman itu disampaikannya pada Jumat (16/10/2020) di tengah ancaman nuklir dan rudal yang terus-menerus dari Korea Utara. Latihan gabungan tersebut akan melibatkan semua matra, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Korps Marinir.

Baca Juga: Si Kejam Kim Jong Un Menangis Saat Bicarakan Kesulitan Korea Utara Hadapi Bencana, Sanksi, dan Corona

Dilansir dari Yonhap News Agency, latihan yang terkenal dengan sebutan latihan “ Hoguk” tersebut akan berlangsung mulai Senin (19/10/2020) hingga 30 Oktober.Beragam latihan akan dilakukan, seperti latihan pendaratan bersama dan latihan mempertahankan pulau-pulau di barat laut di Laut Kuning. "Sebagai latihan tahunan, latihan Hoguk bersifat defensif, dan berfokus pada pemeliharaan postur kesiapan militer kami dan peningkatan kemampuan operasi gabungan," kata JCS dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Dipuja-puja Laiknya Dewa, Untuk Pertama Kali Kim Jong Un Menangis Disaksikan Seluruh Rakyat Korea Utara, Ternyata Gegara Ini!Langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona dan Afrika swine fever akan tetap diterapkan dalam latihan tersebut. JCS menambahkan, skala latihan militer yang akan digelar tersebut akan sama dengan latihan sebelumnya.Diluncurkan pada 1996, latihan “Hoguk” telah diadakan setiap tahun pada paruh kedua setiap tahun.Di sisi lain, Korea Utara sering mengecam latihan militer itu karena dianggap mengganggu keamanan negara tersebut.

Baca Juga: Spionase Korsel Beraksi, Mata-matai Parade Militer Korea Utara Hingga Tahu Detail Perencanannya

Negara komunis itu diyakini akan melanjutkan upaya untuk memajukan kemampuan nuklir dan misilnya di tengah pembicaraan denuklirisasi yang macet dengan Amerika Serikat (AS).Pekan lalu, Korea Utara memperkenalkan rudal balistik antar-benua ( ICBM) terbaru dan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) selama dalam parade militer.

Baca Juga: Provokasi Korea Utara, Pyongyang Akan Pamerkan Senjata Strategis Terbaru dalam Parade Militer Skala BesarKorea Utara juga telah bekerja untuk memodernisasi sistem persenjataannya, termasuk rudal balistik jarak pendek yang dapat menargetkan Korea Selatan. Secara teknis, Korea Utara dan Korea Selatan masih berperang setelah Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.(*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tangkal Ancaman Korut, Korsel Akan Gelar Latihan Gabungan Berskala Besar"

Source : Kompas.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest