Follow Us

Demi Redam Amukan Indonesia, Ternyata Inggris Pernah Rencanakan Jatuhkan Bom Nuklir ke Indonesia Saat Terjadi Konfrontasi dengan Malaysia, Begini Kisahnya

Afif Khoirul M - Jumat, 25 September 2020 | 11:35
Foto bom nuklir Red Beard Inggris.
Wikipedia

Foto bom nuklir Red Beard Inggris.

Sosok.ID - Pada awal tahun 1957, Menteri Pertahanan Inggris Duncan Sandys, mengumumkan akan menyimpan senjata nuklirnya di Malaysia dan Singapura.

Hal itu diumumkan pada konferensi pers Australia tahun 1961.

Lork Selkirk, komisaris tinggi Inggris di Singapura, menyebut hal itu akan bisa menimbulkan sensitif politik, tentang kehadiran senjata itu.

Namun, Perdana Menteri Inggris, Macmilan memberi wewenang pada RAF untuk menyebarkan senjata tiruan hidup pada tanggal 17 Agustus 1962.

Baca Juga: Jor-Joran Belanjakan Uang Padahal Rakyatnya Banyak yang Hidup Miskin, Timor Leste Diprediksi Bangkrut Tahun 2027, Negara Itu Disebut Bergantung Pada Akar yang Rapuh

Senjata itu harus disimpan setiap saat di tempat penyimpanan khusus, dan diberi izin untuk digunakan latihan di tempat terbuka.

Secara militer tindakan inggris ini adalah pembenaran dari pengarahan kemungkinan perang terbatas antara kekuatan SEATO dengan China.

Macmilla mencoba mendapatkan pengaruh di wilayah di mana Inggris dan AS secara historis berselisih, dengan memberikan kontribusi nuklir ke SEATO.

Meski demikian, perdana menteri Malaysia Tunku Abdul Raham, yang pro Inggris tidak diberi tahu rencana ini.

Halaman Selanjutnya.................

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest