Follow Us

Niat Ingin Mata-matai Militer China, 4 Agen CIA Dilaporkan Tenggelam dalam Misi Rahasia, Begini Kronologinya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Rabu, 23 September 2020 | 17:13
Niat Ingin Mata-matai Militer China, 4 Agen CIA Dilaporkan Tenggelam dalam Misi Rahasia, Begini Kronologinya!
(Yahoo News via The Sun)

Niat Ingin Mata-matai Militer China, 4 Agen CIA Dilaporkan Tenggelam dalam Misi Rahasia, Begini Kronologinya!

Sosok.ID - Empat agen Badan Intelijen Pusat AS ( CIA) dilaporkan tenggelam dalam misi rahasia melacak pergerakan militer China di Laut China Selatan.

Keempatnya disebut terkena badai tropis di Luzon, pulau di Filipina, saat berusaha memasang pelacak yang berbentuk seperti batu.

Laut China Selatan merupakan salah satu jalur perdagangan dunia, dan menjadi sumber kontestasi China dengan sejumlah negara di Asia Tenggara.

Misi pada 2008 itu terjadi lima tahun sebelum Beijing membangun pulau buatan berfungsi sebagai pos pengamatan, membuat tensi dengan AS memanas.

Baca Juga: Rekaman Detik-detik Jet Tempur China H-6K Ledakkan Replika Pangkalan Udara AS, Pengamat Ingatkan Guam Berada di Bawah Ancaman Konflik

Dilaporkan Yahoo News, dua agen CIA yang menjadi penanggung jawab adalah Stephen Stanek dan Michael Perich, di mana mereka berlatih sebagai penyelam.

Stanek yang menjadi pemimpin merupakan bagian dari pusat aktivitas paramiliter, dan pernah menjadi penyelam limbah angkatan laut.

Sementara Perich baru lulus dari US Merchant Marine Academy, di mana dia langsung ditempatkan di operasi paramiliter telik sandi AS itu.

Dua agen lainnya yang membantu misi rahasia adalah Jamie McCormick dan Daniel Meeks dari kapal sepanjang 12 meter, dilansir The Sun Senin (21/9/2020).

Baca Juga: Perang Dunia 3? China Segera Rebut Wilayah Taiwan dengan Cara Perang, Seorang Jurnalis Tiongkok Ungkap Persiapannya Termasuk Untuk Musnahkan Presiden Taiwan

Misi mereka adalah menanamkan pelacak di perairan Luzon, dan kemudian menuju Jepang sebelum kembali mengabilnya beberapa pekan kemudian.

Pelacak yang disamarkan sebagai batu itu berfungsi merekam dan mencatat setiap sinyal yang dipancarkan militer China maupun kapal lainnya.

Source : Kompas.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest