Follow Us

Saat Dua Presiden Anggota NATO Ini Saling Olok, Erdogan: 'Macron Tidak Becus Urusi Negaranya Sendiri!', Menohok!

Maymunah Nasution - Sabtu, 19 September 2020 | 07:35
PM Turki, Recep Tayyip Erdogan ketika menyerukan pemboikotan produk AS
via Grid.ID

PM Turki, Recep Tayyip Erdogan ketika menyerukan pemboikotan produk AS

Sosok.ID - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Kamis (17/9/2020) mengatakan, Perancis dipimpin seorang presiden yang "tidak becus".

Penghinaan itu diucapkan Erdogan di tengah keributan antara dirinya dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Erdogan dan Macron saling mencaci dalam beberapa bulan terakhir dalam berbagai hal, mulai dari konflik Libya, sebagian Timur Tengah, hingga sengketa maritim antara Turki dengan Yunani.

Baca Juga: Nekat Digunakan Untuk Perang Lawan Indonesia, Peneliti Ini Bongkar Senjata yang Digunakan Pasukan Pemberontak Timor Leste Ternyata Rakitan Sendiri, Padahal Dampakya Berbahaya

Macron membuat marah Ankara pekan lalu dengan menyebut Turki "pantas mendapat sesuatu yang lain" dari cara kabinet Erdogan mengelola urusan luar negeri.

Uni Eropa pekan depan akan membahas pemberian sanksi kepada Turki, karena mengirim kapal eksplorasi energi dan kapal perangnya ke perairan Mediterania timur yang diklaim Siprus dan Yunani.

Pada rapat virtual Partai AK yang berkuasa di Turki, Erdogan berkata Macron gagal memakai logikanya yang menyalahkan Turki atas masalah regional.

"Kalau Turki menarik diri dari Suriah, akankah Suriah mencapai perdamaian?" tanyanya sambil memeriksa daftar negara-negara yang Turki dan Perancis berseberangan pendapatnya.

"Jika Turki menolak semuanya, akankah Perancis terbebas dari kekacauan yang diprovokasi oleh orang yang tidak becus dan ambisius yang memimpin Perancis, dan mengadopsi kebijakan berdasarkan akal sehat?"

Halaman Selanjutnya

Editor : Intisari Online

Latest