Follow Us

Tak Main-main, Turki Akan Kerahkan Kekuatan Militer untuk Lawan Uni Eropa Jika Ada Pihak yang Bertindak Tak Adil Atas Konflik Turki-Yunani di Mediterania Timur

Tatik Ariyani - Senin, 07 September 2020 | 17:35
Recep Tayyip Erdogan.
tribun kaltim

Recep Tayyip Erdogan.

Sosok.ID - Turki telah mengeluarkan ancaman militer kepada Uni Eropa, memperingatkan Presiden Recep Tayyip Erdogan siap untuk apa pun ketika ketegangan atas Mediterania Timur meningkat.

Dalam pidatonya, Erdogan mengatakan akhir pekan ini bahwa Turki siap untuk setiap kemungkinan dan konsekuensi terkait masalah Mediterania Timur.

Melansir Daily Express, Minggu (6/9/2020), berbicara pada upacara pembukaan sebuah rumah sakit di Istanbul, Erdogan menekankan bahwa Turki memiliki "kekuatan politik, ekonomi, dan militer untuk menentang rencana dan dokumen tidak bermoral yang diberlakukan oleh yang lain".

Seperti diketahui, Turki dan Yunani telah terlibat dalam perselisihan sengit mengenai klaim sumber daya hidrokarbon potensial di wilayah tersebut.

Baca Juga: Marak Teroris Wanita yang Berani Maju Di 'Garis Perang' Mengatasnamakan Jihad: 'Bosan Dengan Kerjaan Administrasi, Pindah Ke Radikalisme'

Klaim tersebut didasari atas perbedaan pandangan tentang luas landas kontinen keduanya.

Turki mengirim kapal survei, dikawal oleh fregat, untuk mengeksplorasi minyak dan gas di perairan yang diklaim oleh Yunani.

Menurut Yunani, tindakan tersebut dinilai ilegal bulan lalu.

Tabrakan antara kapal perang Yunani dan Turki yang membayangi kapal survei bulan lalu menyoroti risiko konflik sementara Turki juga melakukan latihan militer.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest