Follow Us

Antipati dan Ogah Bersinggungan dengan China, Negara Ini Minta Bantuan AS Hingga Perbolehkan Bangun Pangkalan Militer Demi Usir Tiongkok

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 05 September 2020 | 18:00
(ilustrasi militer) Antipati dan Ogah Bersinggungan dengan China, Negara Ini Minta Bantuan AS Hingga Perbolehkan Bangun Pangkalan Militer Demi Usir Tiongkok
DNA India

(ilustrasi militer) Antipati dan Ogah Bersinggungan dengan China, Negara Ini Minta Bantuan AS Hingga Perbolehkan Bangun Pangkalan Militer Demi Usir Tiongkok

Sosok.ID - Tak heran jika banyak negara yang gerah atas upaya China dalam mendominasi Laut China Selatan dan wilayah sekitarnya.

Untuk itu, banyak negara mulai bertindak untuk menentang klaim China tersebut.

Salah satunya adalah negara berikut.

Pemerintah Palau menyatakan, mereka meminta AS untuk membangun pangkalan militer di tempat mereka, di tengah upaya menghadang pengaruh China di Pasifik.

Pernyataan itu disampaikan setelah Menteri Pertahanan Mark Esper mengunjungi daerah itu pekan lalu, seraya menuding Beijing melakukan "destabilisasi Pasifik".

Baca Juga: Makin Nekat, Perang AS vs China Ingin Libatkan Indonesia Jadi Basis Militer, Menlu Retno Marsudi Ngamuk: Tidak Akan dan Tidak Dapat Jadi Basis Negara Mana pun!

Presiden Palau Tommy Remengesau berujar, dia mengatakan kepada Esper bahwa Washington dipersilakan membangun pangkalan militer di sana.

"Permintaan kami kepada AS sederhana. Bangunlah pangkalan gabungan kemudian datang dan gunakanlah secara teratur," ujar dia dalam surat yang diungkapkan pekan ini.

Dalam surat yang ditujukan langsung kepada Palau, Remengesau menekankan bahwa pulau seluas 1.500 km di selatan Filipina itu terbuka bagi AS.

Artinya seperti dilansir AFP Jumat (4/9/2020), Pentagon dipersilakan menggunakan pelabuhan, pangkalan udara, hingga darat negara berpopulasi 22.000 tersebut.

Baca Juga: Bikin Pentagon Kepikiran, Angkatan Laut China Jadi yang Terbesar di Dunia, AS Yakin Pembaruan Rudal dan Nuklir PLA Bukan untuk Main-main!

Remengesau juga menyarankan agar Penjaga Pantai AS juga hadir di wilayah laut mereka, yang luasnya setara Spanyol sehingga sulit untuk dipantau reguler.

Source : Kompas.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest