Follow Us

Negara Ini Sudah Jatuh dalam Perangkap Utang China, Masih Ada 8 Negara Ini yang Siap-siap Jadi Korban Kelicikan China, Diprediksi Tidak Akan Sanggup Membayar Utang China

Afif Khoirul M - Rabu, 26 Agustus 2020 | 19:35
Negara Paling Banyak Utang ke China
Nikkei Asian Review

Negara Paling Banyak Utang ke China

Sosok.ID - China dikenal sebagai negara yang suka beri utang sana-sini, dan sudah banyak negara kecil yang menerima guyuran dana dari China.

Hal itu tentu saja punya maksud dan tujuan yaitu, untuk memuluskan rencana Road Anda Belt, membangun jalur sutera perdagangan yang memuluskan langkah China mendominasi perdagangan dunia

Oleh sebab itu, China menggunakan trik jebakan utang kepada negara kecil untuk membangun sarana transportasi dengan nilai utang yang mustahil untuk dibayar.

Setelah negara tersebut mengaku tak sanggup membayar utang ke China, proyek itu akan diambil alih oleh China, dan hingga kini sudah ada satu korban yang jatuh dalam kelicikan China.

Baca Juga: Di Balik Kemerdekaan Timor Leste dari Indonesia Ternyata ada Campur Tangan China, Usai Merdeka Langsung Jadi Sasaran Investasi dan Utang China, Padahal Ini Dampaknya

Menukil Quartz, tahun 2017, dengan lebih dari 1 miliiar dollar AS (Rp) Sri Lanka, menyerahkan pelabuhan kepada perusahaan milik pemerintah China.

Beijing mendorong ketergantungan menggunakan kontrak buram, melakukan praktik peminjaman dan kesepakatan pada negara kecil.

Negara-negara yang terjerat utang China, akan dilemahkan kedaulatannya, dan menyangkal dengan alasan pertumbuhan jangka panjang hubungan China dengan negara itu.

Demikian yang diuangkapkan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson pada 6 Maret 2018.

Baca Selengkapnya

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest