Follow Us

Corona Masih Mengancam, Wapres Ma'ruf Amin Minta Umat Jangan Paksakan Salat Ied di Luar Rumah

Seto Ajinugroho - Sabtu, 23 Mei 2020 | 10:13
Corona Masih Mengancam, Wapres Ma'ruf Amin Minta Umat Jangan Paksakan Salat Ied di Luar Rumah
Tribunnews

Corona Masih Mengancam, Wapres Ma'ruf Amin Minta Umat Jangan Paksakan Salat Ied di Luar Rumah

Sosok.ID - Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin menghimbau agar masyarakat yang beragama Islam agar melaksanakan Salat Ied atau Idul Fitri di rumah masing-masing.

Pasalnya selama pandemi corona belum berakhir, berkerumunnya orang akan jadi santapan empuk Covid-19.

Maka sebaiknya menjauhi dulu kerumunan orang.

"Tahun ini kita masih dalam suasana mudharat. Andai kata kita memaksakan untuk mengadakan (shalat Idul Fitri) di masjid atau di lapangan, kemudian terjadi penularan, itu berarti tidak sesuai dengan prinsip ajaran agama," kata Ma'ruf dalam video conference, Jumat (22/5/2020).

Baca Juga: Ratusan Petugas Medis di Ogan Ilir Bantah Takut Tangani Pasien Corona, Sebut Bukan Mogok Kerja tapi Mengamankan Diri di Rumah: Hancur Hati Kami

Menurut Ma'ruf, Islam mengajarkan umatnya untuk membangun maslahat yang mendatangkan kebaikan.

Oleh karena itu, jika ada umat Islam yang memaksakan diri untuk shalat Idul Fitri di masjid atau lapangan, maka itu sama dengan memperbesar bahaya bagi masyarakat secara keseluruhan.

"Karena itu di dalam menjalankan ajaran agama, kita senantiasa menyesuaikan dengan keadaan tahun ini dan Hari Raya tahun ini, kita masih dalam suasana kedaruratan, kebahayaan," kata dia.

Sementara itu Idul Fitri atau 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Hari Minggu 24 Mei 2020.

Pengumuman Idul Fitri 1441 Hijriah disampaikan langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi setelah menggelar sidang isbat pada Jumat (22/5/2020).

" Sidang isbat secara bulat menyatakan bahwa 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Ahad atau Minggu, 24 Maret 2020," kata Fachrul Razi.

Baca Juga: Singgung Soal Keperawanan Usai Dengar Cerita Cimoy Montok, Nikita Mirzani Khawatirkan Pergaulan Putri Sulungnya, Nyai Mantap Patok Standar untuk Cowok yang Bakal Jadi Pacar Anaknya : Pokoknya Harus dari Keluarga yang Bener!

Source : Kompas.com

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest