Follow Us

Terancam Batal Beli dari Korsel, Indonesia Sudah Mendapat Pandangan Baru Kerjasama Kapal Selam Canggih dengan Pabrikan U-Boat Jerman

Seto Ajinugroho - Sabtu, 04 April 2020 | 17:00
Terancam Batal Beli dari Korsel, Indonesia Sudah Mendapat Pandangan Baru Kerjasama Kapal Selam Canggih Bareng Turki dan Jerman
savunmasanayist.com

Terancam Batal Beli dari Korsel, Indonesia Sudah Mendapat Pandangan Baru Kerjasama Kapal Selam Canggih Bareng Turki dan Jerman

Sosok.ID - Patut diingat sesama, menjadi negara yang berdikari dalam pembuatan alutsista made in dalam negeri itu susahnya bukan main.

Berbagai faktor mulai dari sumber daya manusia, alam hingga pendanaan hingga kemauan harus ada.

Walau hal-hal diatas sudah adapun pastilah menemui berbagai hambatan serta kegagalan sebelum mencapai keberhasilan berupa kemandirian dalam pembuatan berbagai peralatan perang.

Salah satu hambatan yang baru-baru ini muncul ialah Indonesia sedang mengkaji ulang kerjasama pembuatan kapal selam dengan Korea Selatan (Korsel) Batch II.

Baca Juga: Hidup Menderita Matipun Sia-sia, Mantan Tahanan di Korea Utara Ceritakan Perlakuan Kejam Kim Jong Un Terhadap Mayat Warganya, Dikubur Seadanya di Ladang hingga Jadi Pupuk Tanaman Alami

Mengutip Janes.com dan The Diplomat, Jumat (3/4/2020) pada April 2019 silam, Indonesia diketahui sepakat menandatangani pembuatan kapal selam batch II dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan (Korsel).

Kontrak pembuatan tiga unit kapal selam lanjutan dari Nagapasa Class ini diteken Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI di Bandung dengan anggaran senilai 900 juta dolar AS yang bersumber dari bank ekspor impor Korsel.

Rencananya dua dari ketiga kapal selam tersebut rencananya bakal dibangun selama 77 bulan di PT PAL Surabaya.

Pengkajian ulang ini berpotensi Indonesia membatalkan kontrak pembuatan kapal selam dengan Korsel.

Namun bukan berarti proyek kapal selam Indonesia mandek.

Mengutip savunmasanayist.com, pada Februari 2020 lalu, delegasi Indonesia sudah tancap gas bertemu dengan Komandan AL Turki Laksamana Madya Ercument Tatlioglu.

Baca Juga: Bisa Dilakukan Sambil Rebahan Tanpa Harus Antre, Token Listrik Gratis Dapat Diakses via WA Mulai 6 April 2020, Begini Caranya!

Source : the diplomat, janes, savunmasanayist.com

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest