Follow Us

Jawab Simpang Siur Kabar Ujian Nasional Bakal Dihapus Tahun 2021 Mendatang, Mendikbud Nadiem Makarim Tegas Membantah : Mohon Maaf UN Tidak Dihapuskan Tapi...

Dwi Nur Mashitoh - Sabtu, 14 Desember 2019 | 11:17
Mendikbud Nadiem Makarim
(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

Mendikbud Nadiem Makarim

Sosok.id - Kabar dihapusnya Ujian Nasional (UN) bagi siswa di Indonesia sempat membuat publik heboh.

Pasalnya, UN sendiri telah menjadi suatu hal wajib untuk menetukan kelulusan para siswa sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Tentu saja kebijakan yang telah diterapkan selama puluhan tahun ini akan menjadi hal yang sangat mengejutkan bila dihapuskan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengklarifikasi sejumlah pemberitaan yang menyebutkan dirinya mewacanakan menghapus Ujian Nasional ( UN) pada tahun 2021.

Baca Juga: Disebut Tak Paham Pendidikan, Nadiem Makarim Buat Gebrakan Dengan Hapus Ujian Nasional, Apa Pengganti UN? Ini Penjelasannya!

Ia menegaskan, kata yang lebih tepat bukanlah menghapus UN, melainkan mengganti UN dengan sistem penilaian baru.

"Beberapa hal agar tidak ada mispersepsi, UN itu tidak dihapuskan.

Mohon maaf, kata dihapus itu hanya headline di media agar diklik, karena itu yang paling laku.

Jadinya, UN itu diganti jadi asesmen kompetensi," kata Nadiem dalam rapat bersama Komisi X DPR di DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Baca Juga: Viral Pidato Nadiem Makarim Dalam Rangka Hari Guru, Dari Pencanangan Tagar #MerdekaBelajar, Hingga Dapat Apresiasi Publik, Salah Satunya Dian Sastro, Ini Isi Pidatonya!

Selain dengan asesmen kompetensi, UN juga akan diganti dengan survei karakter.

Source : Kompas.com

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest