Follow Us

BMKG Sebut Suhu Dingin di Wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Akan Bertahan Hingga September, Begini Penjelasannya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 06 Agustus 2019 | 18:59
BMKG:
www.bmkg.go.id

BMKG:

Sosok.ID - Beberapa waktu ini suhu udara di Jawa turun beberapa derajat sehingga menyebabkan udara di wilayah Jawa dan sekitarnya terasa dingin.

Dry intrusion atau intrusi udara kering dan dingin yang melanda Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, hal itulah yang menyebabkan suhu udara menjadi terasa dingin akhir-akhir ini.

Udara kering ini datang dari Australia yang sedang dalam musim dingin.

Kemudian, angin mendorong udara dari barat ke timur, sehingga udara dingin dari Australia tadi terdorong ke beberapa bagian daerah di Indonesia tadi.

Baca Juga: Diduga Depresi, Seorang Remaja Nekat Rebut Bocah 6 Tahun dari sang Ibu dan Melemparnya dari Gedung Setinggi 60 M Tanpa Alasan

Kepala Subbidang Prediksi Cuaca BMKG Agie Wandala Putra, suhu dingin hari ini cenderung akan tetap bertahan hingga September.

Perkiraan pada September tersebut karena Indonesia akan mengalami peralihan musim pada Oktober dan November.

Agie juga tidak menutup kemungkinan suhu menjadi hangat kembali bila dry intrusion menghilang.

"Variasi dinginnya tergantung kondisi lingkungan. Dataran tinggi cenderung akan bisa bertahan dinginnya, meski tetap secara umum normal," ujar Agie saat diwawancarai via telepon oleh Kompas.com, Selasa (6/8/2019).

Baca Juga: Mbah Moen Meninggal Dunia, sang Menantu Sebut Mertuanya Pernah Minta Didoakan Wafat di Hari Selasa dan Saat Tunaikan Haji

Untuk saat ini, pengamatan BMKG menunjukkan bahwa dry intrusion telah memasuki daerah Indonesia yang berada di bawah selatan khatulistiwa dari Australia.

Source : Kompas.com, BMKG.go.id

Editor : Tata Lugas Nastiti

Baca Lainnya

Latest