Mendadak Ditagih PLN Rp 90 Juta, Tarzan: Nggak Ada Job, Saya Pusing

Rabu, 08 Maret 2023 | 08:57
Warta Kota/Arie Puji Waluyo

Tarzan Srimulat tagihan listrik capai Rp 90 jut.

Sosok.ID -Kaget dan bingung, komedian Tarzan Srimulat mengungkap tagihan listrik rumahnya mencapai Rp 90 juta.

Tarzan dibuat heran lantaran denda tagihan listrik rumahnya baru disampaikan setelah 15 tahun Tarzan menempati rumah tersebut.

Diungkap Tarzan bahwa rumah di kawasan Pinang Ranti, Jakarta Timur tersebut ia beli dari pemilik sebelumnya pada 2007 silam.

Nama pelanggan listrik pun telah beralih menggunakan nama anak sang komedian.

"Tahun 2007 itu, membeli rumah di Pinang Ranti. Listrik diganti atas nama Galuh Pujiwati," jelas Tarzan dalam postingan video di akun Twitter @maman1965, Selasa (7/3/2023).

Tarzan dan keluarganya pun telah menampati rumah tersebut hingga sekarang, kurang lebih sekitar 15 tahun sejak dibeli.

Selama ini tak ada masalah denga tagihan listrik dan tiba-tiba saja membengkak hingga Rp 90 juta membuat Tarzan bertanya-tanya.

Ia pun telah mendatangi kantor PLN terkait masalah tagihan listrin Rp 90 juta ini.

Tarzan pun mendapat keringanan, meski jumlah yang harus dibayarkan tetap saja fantastis, yakni menjadi Rp 72 juta.

"Dapat keringanan (biaya, menjadi) Rp 72 juta. Tapi listrik harus tambah pasang baru lagi.

Tak ada pilihan lain, Tarzan terpaksa membayar tagihan tersebut, padahal kondisinya sedang sepi job selama dua tahun terakhir.

"Ya terpaksa saya bayar, padahal dua tahun enggak dapat job ya pusing," ucap Tarzan

Tarzan lantas mempertanyakan kenapa baru ditagih sekarang setelah 15 tahun.

"Kalau memang kita ada kesalahan misalkan kita ada curi listrik, curi aliran (listrik), kenapa enggak tahun itu? (2007)."

"Ini sudah 15 tahun loh. Baru datang (petugasnya langsung bilang) kalau tiga hari tidak dibayar listrik dilepas, diblokir," jelas Tarzan.

Respon PLN

Melansir Kompas.com, Manager PLN UP3 Kramat Jati, Aditya Yoga Nugraha mengatakan, pihaknya telah melakukan prosedur pelaksanaan P2TL sesuai dengan ketentuan yang berlaku ke rumah Galuh Pujiwati, anak dari Tarzan Srimulat.

Yoga menjelaskan, jika listrik yang mengalir ke rumah tidak sesuai dengan standar PLN akan berpotensi membahayakan pelanggan.

"Jadi P2TL semata-mata adalah upaya preventif dari PLN untuk menjaga keselamatan pelanggannya," kata Yoga dari keterangan tertulis.

Keberatan Ditolak

Petugas memenukan bahwa rumah keluarga komedian Tarzan menggunakan listrik dari kWh meter yang sebelumnya sudah terdaftar di lokasi lain setelah dilakukan prosedur P2LT.

Pihak keluarga Tarzan mengajukan keberatan dan sudah bertemu dengan Tim Keberatan dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK), Kementerian ESDM.

Namun, pengajuan keberatan tersebut ditolak dan pihak Tarzan menerima keputusan denda tersebut dan telah melakukan pembayaran.

Baca Juga: Ahmad Dhani Takut Masyarakat Jenuh dengan Lagu Dewa 19

(*)

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya