Bak Filipo Inzaghi, Keberuntungan Menaungi Aji Kusuma di Persija

Rabu, 22 Februari 2023 | 13:57
kolase sempre milan/Bolasport

Bak jadi Filipo Inzaghi di Persija Jakarta, Aji Kusuma menjelma jadi striker penuh keberuntungan

Sosok.ID - Aji Kusuma, striker muda rekrutan teranyar Persija Jakarta kini menjadi buah bibir pecinta sepak bola terutama The Jak Mania.

Pemain yang baru saja bergabung dengan Persija Jakarta ini menjelma menjadi penyerang hebat untuk Macan Kemayoran.

Siapa sangka, di debutnya, Aji Kusuma mampu membubuhkan dua gol untuk Persija Jakarta.

Apalagi dua gol yang dicetak oleh pemain Persija Jakarta nomor punggung 99 itu dibubuhkan saat melawan tim papan atas PSM Makassar.

Sebenarnya Aji Kusuma bukan menjadi prioritas utama Thomas Doll untuk direkrut bagi Persija Jakarta.

Terbukti Aji Kusuma bergabung dengan Persija sebaga nama ketiga yang didatangkan di paruh musim BRI Liga 1 2022/2023.

Namun siapa sangka ternyata Aji Kusuma justru menjadi penyerang yang menutup kekurangan striker kelas dunia milik Persija Jakarta, Michael Krmencik hingga Hanno Behrens.

Karena hal itu akhirnya Thomas Doll pun melirik Aji Kusuma untuk mengisi kekosongan dari tim penyerang Macan Kemayoran.

Resmi direkrut Persija Jakarta pada 12 Januari 2023, Aji Kusuma awalnya merupakan pemain muda berbakat yang sering berpindah klub.

Melansir dari Bolasport, Aji Kusuma sempat berseragam Borneo Youth, Bali United Youth, hingga PS TIRA Youth.

Dan yang terakhir Aji Kusum berbaju Persiba Balikpapan sebelum akhirnya terbang ke Jakarta untuk bergabung dengan Macan Kemayoran.

Sebagai pemain muda, Aji Kusuma bisa dikatakan cukup beruntung mendapatkan debut bermain langsung di pertandingan pertamanya untuk Persija Jakarta.

Tak hanya itu saja, bahkan bisa diumpamakan keberuntungan striker seperti Filipo Inzaghi di AC Milan ada pada sosok Aji Kusuma.

Bukan berlebihan, hal itu karena Aji Kusuma seperti dinaungi 'Dewi Fortuna' saat bertanding melawan PSM Makassar.

MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM

Penyerang Persija Jakarta, Aji Kusuma, sedang melakukan selebrasi seusai mencetak gol dalam laga pekan ke-20 Liga 1 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, 25 Januari 2023.

Dua gol cantik pun mampu dibubuhkan oleh Aji Kusuma untuk Persija meski melawan tim yang kini saling kejar-kejaran poin dengan Macan Kemayoran itu di papan atas klasemen Liga 1.

Dalam pertandingan yang digelar pada Rabu (25/1/2023) pada pekan ke-20 Aji Kusuma mampu menyumbang brace dan membuat Persija Jakarta mengalahkan PSM dengan skor 4-2.

Namun ada kisah keberuntungan menarik yang diperoleh Aji Kusuma jelang laga Persija vs PSM.

Mengutip dari Kompas.com, keberuntungan itu bermula saat sejumlah striker Persija Jakarta tak bisa tampil dalam laga penting tersebut.

Thomas Doll pun awalnya mengaku pusing dengan kondisi lini depa Persija Jakarta.

Mengingat jelang melawan PSM, sejumlah striker seperti Michael Krmencik tak bisa ditampilkan.

Jelang pertandingan Krmencik tidak bisa ditampilkan karena menjalani sanksi sementara striker asing lainnya Yusuf Helal sampai Hanno Behrens juga tidak bisa berlaga.

Kedua pemain itu mengalami masalah kesehatan hingga urung untuk dimainkan membuat Thomas Doll hanya bisa berharap pada sosok Aji Kusuma.

Siapa sangka strategi menurunkan Aji Kusuma justru membuat Persija Jakarta bisa mengobrak-abrik pertahanan PSM Makassar yang dikomandoi oleh Yuran Fernandes.

“Kremecik punya masalah di engkel pada hari terakhir latihan dan kami punya banyak striker lawan PSM, jadi hari ini harinya Aji,” ungkap Thomas Doll.

“Untuk Hano ada masalah di perut dia merasa tidak bisa main 100 persen. Jadi, saya tidak mau memainkannya karena dokter juga menyarankan dia tidak bermain.“ tambah pelatih asal Jerman itu.

“Saya menginginkan pemain yang bisa full melawan PSM, memberikan 100 persen yang terbaik,” pungkasnya.

“Aji memang layak untuk masuk line up hari ini karena dia pemain yang cepat dan bisa bergerak di lini depan,” ujar mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

“Saya memilih dia karena PSM punya pemain sangat tinggi, Yuran (Fernandes), jadi kami memutuskan Aji menjadi starting line up,“ akhir Thomas Doll.

Profil Aji Kusuma

Melansir dari Tranfermarkt, pemain denga nama lengkap Aji Kusuma itu lahir di Pekanbaru, 30 Januari 1999.

Dengan postur 176 cm dan berposisi sebagai penyerang depan atau striker Aji Kusuma seperti kebanyakan striker Indonesia yang mampu mengandalkan kecepatan.

Meski bukan tipikal striker tinggi jangkung dan mengandalkan sundulan, namun menilik permainan Aji Kusuma seperti melihat Filipo Inzaghi di AC Milan.

Mengandalkan kecepatan dan timing, Aji Kusuma mampu menjadi striker yang memiliki gaya bermain beda dengan Michael Kmrencik ataupun Yusuf Helal di Persija Jakarta.

Selain itu, Inzaghi yang dikenal sebagai striker penuh dengan keberuntungan, Aji Kusuma pun diharapkan demikian.

Terbukti dalam debut pertandingannya, Aji Kusuma mampu melesatkan 2 gol langsung ke gawang lawan.

(*)

Baca Juga: Ginanjar Wahyu, Striker Muda Persija Punya Postur Jangkung

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya