Bukti Erick Thohir Mampu Pimpin PSSI Jadi Lebih Baik dari Sebelumnya!

Sabtu, 11 Februari 2023 | 20:01
kolase Kompas/Inter Milan

Menunggu kiprah luar biasa Erick Thohir sebagai Ketum PSSI

Sosok.ID- Menteri BUMN, Erick Thohir kini jadi nama terdepat yang digadang-gadang menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) periode 2023-2027.

Meski menjadi sosok baru dalam kancah kepengurusan sepak bola Indonesia, mantan pemilik klub Inter Milan itu bukanlah orang sembarangan.

Bahkan Erick Thohir digadang-gadang mampu merubah wajah PSSI menjadi lebih baik kedepannya.

Melansir dari Kompas.com, Erick Thohir ditemani sejumlah publik figur Tanah Air mendatangi Kantor PSSI di Senayan, Minggu (15/1/2023) untuk mendaftar sebagai calon Ketum PSSI.

Segudang pengalaman Erick Thohir dalam dunia si kulit bundar memang dianggap cukup sebagai modal sang menteri jadi Ketum PSSI yang baru.

Sudah bukan rahasia lagi, sosok Erick Thohir menjadi salah satu nama yang santer didengar sebelum pembukaan pendaftaran calon Ketum PSSI.

Harapan pun kini ditumpukan pada sosok pemilik klub MLS, DC United tersebut untuk bisa memperbaiki persepakbolaan Indonesia.

Kiprah Erick Thohir sendiri di dunia olahraga tak bisa dikesampingkan begitu saja sebagai bakal calon Ketum PSSI.

Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) itu dikenal sebagai sosok yang mampu mengembalikan kejayaan klub asal kota mode Milan, Internazionale atau Inter Milan.

Erick Thohir dan dunia sepak bola

Pengalaman Erick Thohir yang pernah mengembalikan kejayaan klub asal kota mode Italia, Inter Milan menjadi tim kelas dunia pun akan sangat dinanti oleh publik pecinta sepak bola Indonesia.

Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) tersebut memang dikenal sebagai seorang pebisnis yang mencintai dunia olahraga.

Dikutip dari Tribunnews.com, Erick Thohir mengejutkan dunia internasional saat mengakuisisi saham mayoritas Inter Milan.

Bagi suporter Inter Milan di seluruh dunia, Erick Thohir adalah sosok yang menyelamatkan muka Liga Serie A yang sempat meredup.

Selain di Serie A, nama Erick Thohir juga tersohor di liga sepak bola Amerika Serikat atau yang dikenal dengan MLS.

Di MLS, Erick Thohir tercatat sebagai pemilik klub DC United dan menjadi salah satu klub pembangun iklim sepak bola di Amerika Serikat.

Sementara itu di Tanah Air, Erick Thohir bukanlah orang asing dalam dunia si kulit bundar.

Mengutip dari Bolasport.com, Erick Thohir memiliki sebagian saham dari sejumlah klub Liga 1 seperti Persis Solo dan Bali United.

Tak hanya itu saja, Erick Thohir juga pernah menjabat sebagai salah satu pengurus klub berjuluk Pangeran Biru, Persib Bandung.

Tak hanya dunia sepak bola, kiprah Erick Thohir juga mempunya kiprah mentereng di cabang olahraga lainnya seperti bola basket.

Ya, sosok Erick Thohir sampai saat ini masih tercatat sebagai pemilik klub Indonesia Basket Ball (IBL) Satria Muda dan Philadelphia 76ers di NBA, Amerika Serikat.

Catatan hebat lainnya ditorehkan oleh Erick Thohir kala menjadi salah satu orang terpenting kesuksesan Indonesia menggelar Asian Games.

Ketua Indonesia Asian Games Organizing Commitee (INASGOC) itu juga tercatat sebagai anggota Olimpiade Internasional (IOC) sampai saat ini.

Kiprah Erick Thohir di PSSI pun ditunggu jelang Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar pada 16 Februari 2023 mendatang.

(*)

Baca Juga: Eriko Sulastiano, Striker Muda Persib Melalang Buana ke Eropa

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya