Profil Kunlavut Vitidsarn, Penjebol 13 Kemenangan Beruntun Axelsen

Senin, 23 Januari 2023 | 14:13
Badminton Photo

Mengenal Kunlavut Vitidsarn, pebulutangkis tunggal putra Thailand yang sukses hentikan 13 kali kemenangan beruntun Viktor Axelsen.

Sosok.ID - Profil atlet bulu tangkis muda dari Thailand, Kunlavut Vitidsarnyang sukses hentikan 13 kali kemenangan beruntun Viktor Axelsen di final India Open 2023.

Bukan rahasia lagi bahwa pemain Denmark Viktor Axelsen masih memegang dominasi tunggal putra dunia.

Terhitung dalam 13 kali final sejak kekalahan terakhir melawan tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia di All England 2021, Viktor Axelsen menyabet seluruh juara dengan 13 kali kemenangan.

Tak sedikit yang menantikan kemunculan sosok pemain tunggal putra yang bisa menghentikan kemenangan beruntun Viktor Axelsen.

Lalu muncullah Kunlavut Vitidsarn, pebulutangkis Thailand yang menghentikan rekor Viktor Axelsen di India Open 2013.

Melansir BWF Score, Kunlavut Vitidsarn memenangi pertandingan kontra peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 itu dengan skor rubber game 22-20, 10-21, 21-12.

Kemenangan di India Open 2023 merupakan gelar pertama BWF Super 750 yang diraih Kunlavut Vitidsarn.

Lebih dari itu, ini juga pertama kalinya ia mengalahkan Viktor Axelsen setelah sebelumnya kalah 6 kali dalam 6 pertemuan.

“Ini hasil yang besar bagi saya, karena saya kalah enam kali darinya,” kata pemain yang akrab disapa View, dikutip Sosok.ID dari laman resmi BWF Badminton pada Senin (23/1/2023).

View mengungkapkan, Axelsen unggul dalam reli panjang, sehingga ia lebih banyak menyerang dan segera menyesuaikan permainan.

“Saya tidak memiliki tekanan. Saya tidak bisa bertahan lebih lama dari dia dalam reli, jadi saya menyerang lebih banyak," ujarnya.

"Saya mencoba untuk tidak berpikir terlalu banyak, dan terus beradaptasi seiring berjalannya pertandingan," tambah pemain berusia 21 tahun itu.

Profil Kunlavut Vitidsarn

Instagram @kunlavut.v
Instagram @kunlavut.v

Mengenal Kunlavut Vitidsarn, pebulutangkis tunggal putra Thailand yang sukses hentikan 13 kali kemenangan beruntun Viktor Axelsen.

Mengenal lebih jauh mengenai Kunlavut Vitidsarn, dia merupakan atlet kelahiran 11 Mei 2001. Usianya saat ini masih 21 tahun.

Meski begitu, kemampuannya jauh lebih unggul dari pemain seangkatannya, dan justru mampu mengimbangi atlet-atlet senior seperti Anthony Ginting, Loh Kean Yew, dan bahkan kini Viktor Axelsen.

Kunlavut Vitidsarn lahir di Bangkok, Thailand. Sebelumnya ia menduduki peringkat 8 dunia. Namun Indian Open 2023 membawanya ke peringkat 6 dunia per 24 Januari 2023.

Ia memiliki tinggi badan 173 cm dan merupakan permain yang mengandalkan pegangan rakettangan kanan.

3 Kali Juara Dunia

Mengutip Kompas.com, Kunlavut Vitidsarn berhasil meraih gelar juara dunia level junior di usia 16 tahun, di saat level tersebut biasanya dimainkan pemain berusia 18 tahun.

View mendominasi level junior dan menduduki rangking 1 dunia di level tersebut.

Podium Kejuaraan Dunia yang sukses diraihnya yakni terjadi pada tahun 2017, 2018, dan 2019.

Geser Kodai Naraoka

Berkat kemenangan di India Open 2023, rangking BWF Kunlavut diperediksi naik ke posisi enam menggeser tunggal putra Jepang Kodai Naraoka.

Kunlavut Vitidsarn meraih poin tambahan 11.000 usai menjadi juara BWF Super 750.

Pernah Main Ganda

Sebelum karirnya di sektor tunggal meroket tajam, View sempat bermain di sektor ganda campuran dengan Pattarasuda Chaiwan.

Pada Kejuaraan Dunia Junior 2016, Kunlavut Vitidsarn/Pattarasuda Chaiwan meraih peringkat tiga.

Mereka juga sukses mencapai podium utama turnamen Badminton Asia U17 di Kudus di tahun yang sama. (*)

Baca Juga: PR Menahun Anthony Ginting, Ranking 2 Dunia Konsistensi Belum Stabil

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya