Luput, Bukan Sasar Laut China Selatan, Pakta AUKUS Targetkan Luar Angkasa

Minggu, 13 November 2022 | 15:33
SCMP

Kapal selam nuklir China tertangkap citra satelit.

Sosok.ID -Perjanjian trilateral memicu momentum terkait ruang angkasa dan kesepakatan tentang komputasi kuantum, kecerdasan buatan, dan hipersonik.

Masyarakat kita yang berbasis informasi tidak dapat dipisahkan dari teknologi ruang angkasa dan ruang angkasa adalah domain yang semakin “berkontestasi, padat, dan kompetitif”.

Dengan lebih dari 5.000 satelit operasional di orbit dan puluhan ribu lainnya untuk diluncurkan selama beberapa dekade mendatang, ketergantungan pada ruang angkasa hanya akan meningkat, seperti halnya pentingnya sebagai domain untuk persaingan strategis.

Aset berbasis ruang angkasa menyediakan layanan penting untuk telekomunikasi, pemantauan cuaca dan iklim, manajemen pertanian, sektor keuangan, respons dan pemulihan bencana alam, dan banyak lagi.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah dan sektor komersial telah menyadari risiko aset ruang angkasa sebagai titik kegagalan tunggal, mengingat bahwa degradasi akses ke ruang angkasa atau penghancuran aset berbasis ruang angkasa akan berdampak besar pada keamanan sipil, komersial, dan nasional. sektor.

Namun, membangun ekosistem industri ruang angkasa yang tangguh dan kuat adalah tugas yang sangat besar dan kompleks yang membutuhkan tingkat kolaborasi internasional yang signifikan dalam teknologi sensitif – menjadikan AUKUS sebagai media utama untuk meningkatkan kerja sama semacam itu.

Amerika Serikat semakin menyadari kebutuhan untuk mendukung dan meningkatkan skala sekutu internasional dan kemampuan ruang angkasa mereka untuk memperdalam arsitektur yang dapat dioperasikan dan membangun sistem ruang angkasa yang tangguh.

Sebelumnya hanya milik segelintir pemerintah, industri luar angkasa kini sangat bergantung pada operator komersial.

SpaceX mengoperasikan sekitar setengah dari semua satelit di orbit, diikuti oleh OneWeb Satellites dan Planet Labs.

Proliferasi satelit dan akses ke ruang angkasa sebagian besar disebabkan oleh perbaikan yang dipimpin oleh sektor peluncuran komersial selama dekade terakhir.

Pada tahun 2020, nilai industri luar angkasa global diperkirakan mencapai US$424 miliar, meningkat 70% sejak 2010.

Dengan semakin diakuinya ruang angkasa sebagai domain yang sangat penting secara strategis dari teknologi kritis, masa depannya akan mencerminkan dunia maya: kecenderungan menuju percabangan dalam perdagangan dan penelitian saat globalisasi mundur.

Ini akan memacu intensifikasi kompetisi antariksa, menghadirkan risiko bagi penggunaan sipil, komersial, dan keamanan nasional.

Meskipun Amerika Serikat tetap menjadi kekuatan luar angkasa global yang unggul, Rusia dan China telah ditetapkan sebagai ancaman terbesar bagi Amerika dan sekutunya di luar angkasa, sebagaimana diuraikan dalam laporan Badan Intelijen Pertahanan baru-baru ini.

Investasi signifikan dan fokus mereka pada luar angkasa mengikuti tujuan bersama untuk mengungguli Amerika Serikat dan sekutunya dan untuk mengeksploitasi ketergantungan pada sistem berbasis ruang angkasa.

Armada ruang angkasa operasional gabungan Rusia dan China telah tumbuh sekitar 70% antara 2019 dan 2021.

Pemerintah China memiliki pendekatan strategis yang menganggap ketergantungan AS pada luar angkasa sebagai "tumit Achilles" Amerika, dan dengan cepat memperluas kemampuannya untuk mengeksploitasinya.

Batu Rosetta untuk menafsirkan ambisi ruang angkasa China adalah pendekatannya ke Antartika dan Laut China Selatan, di mana China sebelumnya menyatakan komitmen terhadap perilaku non-eskalasi sambil terus memperluas kehadirannya secara bertahap dan menegaskan klaimnya.

Investasi dalam kemampuan baru dan muncul terus tumbuh dalam teknologi counterspace. Kemampuan Rusia dan China, khususnya, berkembang pesat. Senjata counterspace paling totem adalah senjata anti-satelit pendakian langsung (ASAT), di mana 16 tes telah dilakukan oleh empat negara - Amerika Serikat, Cina, Rusia dan India.

Namun, investasi oleh semua pemain luar angkasa utama dalam senjata energi, di luar teknologi ASAT, akan menentukan masa depan teknologi counterspace.

Senjata energi ini termasuk laser bertenaga tinggi dan senjata gelombang mikro.

Serangan dari senjata ini akan sulit untuk dikaitkan, karena kerusakan dapat bersifat sementara atau dapat dipulihkan.

Namun, dalam jangka pendek, penggunaan serangan dunia maya dan pengacau frekuensi radio yang menargetkan infrastruktur ruang angkasa tetap menjadi ancaman militer paling mendesak bagi sistem ruang angkasa.

Tabrakan di orbit adalah risiko lain yang sulit dikurangi.

Ada potensi serangkaian dampak orbit yang mengalir – efek Kessler – yang dapat mendatangkan malapetaka pada semua aset luar angkasa yang mengorbit dan berpotensi membuat ruang angkasa tidak dapat diakses.

Cuaca antariksa dapat menambah potensi risiko tabrakan dengan membuat satelit tidak dapat dikendalikan.

Sementara ancaman radiasi dapat diminimalkan, ada batasan untuk apa yang dapat dilakukan untuk melindungi dari badai geomagnetik yang kuat yang dapat merusak atau secara signifikan merusak fungsi aset berbasis ruang angkasa.

Peluang untuk AUKUS

Perjanjian AUKUS trilateral yang berpusat pada teknologi dapat meningkatkan kerja sama ruang angkasa dan membangun kemampuan ruang angkasa yang saling menguntungkan.

Seseorang sudah dapat melihat momentum terkait ruang angkasa dalam perjanjian tentang teknologi pelengkap seperti komputasi kuantum, kecerdasan buatan, dan hipersonik.

Untuk Inggris Raya, kerja sama ruang angkasa dan peningkatan interoperabilitas melalui AUKUS akan mendukung penunjukan ruang angkasa baru-baru ini sebagai bagian dari Infrastruktur Nasional Kritisnya. Strategi Luar Angkasa Pertahanan Inggris 2022 menggarisbawahi keinginan Inggris untuk menjadi “jantung upaya luar angkasa Sekutu.”

Amerika Serikat akan mendapat keuntungan dari peningkatan bersama dalam kemampuan Inggris dan Australia, yang misalnya dapat menjadi mampu menyusun kembali aset berbasis ruang angkasa yang saling menguntungkan jika terjadi krisis.

Ini termasuk sistem satelit navigasi global yang menyediakan layanan posisi vital, navigasi, dan pengaturan waktu yang digunakan untuk semua bentuk transportasi, industri keuangan, pertanian, manajemen darurat, dan banyak lagi.

Selain itu, melalui AUKUS, para mitra ini dapat menyelidiki peluang untuk meningkatkan dan merampingkan ruang “siklus inovasi dan proses pengembangan bersama” untuk membangun kemampuan yang saling memperkuat di saat krisis.

Ini dapat mencakup teknologi satelit umum.

Baca Juga: Indonesia Harus Waspada, Tak Hanya Ukraina Ternyata Negara Tetangga RI Ini Nekat Buat Rudal Hipersonik Hingga Timbulkan Kemarahan China!

Editor : May N

Baca Lainnya