Pentingnya Amalan Shalat, Istighfar, dan Salawat untuk Mencari Rezeki Halal

Sabtu, 05 November 2022 | 14:43
Pixabay

Pentingnya Amalan Shalat, Istighfar, dan Salawat untuk Mencari Rezeki Halal

Sosok.ID - Mencari rezeki yang halal adalah upaya yang dilakukan seluruh umat Muslim di dunia.

Banyak yang memaknai rezeki sebagai harta benda duniawi berupa materi finansial alias uang. Padahal, rezeki tak terbatas pada hal itu saja.

Dilansir dari Nu Online, Syekh Nawawi al-Jawi dalam Qatru al-Ghais fi Syarh Masail Abi Laits mengartikan rezeki sebagai segala sesuatu yang bermanfaat bagi makhluk hidup.

أَلرِّزْقُ لَايُخْتَصُّ بِالْمَأْكُوْلِ وَالْمَشْرُوْبِ بَلْ كُلُّ مَا إِنْتَفَعَ بِهِ الْحَيَوَانُ مِنْ مَأْكُوْلٍ وَمَشْرُوْبٍ وَمَلْبُوْسٍ وَغَيْرِهَا وَمِنْ أَعْظَمِ الرِّزْقِ التَّوْفَيْقُ لِلطَّاعَاتِ

“Rezeki tidak terbatas pada makanan dan minuman, akan tetapi segala sesuatu yang bermanfaat bagi hayawan (makhluk bernyawa) termasuk makanan, minuman, pakaian, dan sebagainya. Rezeki yang paling utama adalah at-taufiq (pertolongan Allah) kepada ketaatan.”

Syekh Nawawi juga menggolongkan rezeki dalam dua macam, yakni rezeki lahir dan rezeki batin.

والرزق قسمان ظاهر وهو الأقوات والأطعمة وذلك للأبدان وباطن وهي المعارف والمكاشفات وذلك للقلوب والاسرار

“Rezeki terdiri dari dua macam, pertama, rezeki lahir yaitu berupa kekuatan dan makanan untuk badan. Kedua, rezeki batin, yaitu makrifat dan mukasyafat (tersingkapnya tabir) hati dan rahasia-rahasia” (Syekh Nawawi, Qatru Al-Ghais fi Syarh Masail Abi Laits, Indonesia: Darul Ihya, hal. 4).

Syekh Nawawi lebih lanjut memaparkan mengenai tiga hal yang dapat memperbanyak rezeki.

Tigaamalan tersebut adalah shalat, shalawat, dan istighfar.

من أسباب سعة الرزق كثرة الصلاة والصلاة والسلام على النبي صلى الله عليه وسلم والإستغفار

“Sebagian dari sebab keluasan rezeki adalah memperbanyak shalat, shalawat, dan istighfar.”

Oleh karenanya manusia diwajibkan rajin menjalankan perintah shalat, disarankan memperbanyak shalawat dan istighfar untuk mengejar rezeki dari Allah SWT.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang berbunyi:

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَى (١٣٢) ـ

“Dan perintahkanlah keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, kamilah yang memberi rezeki kepadamu. dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa” (QS Thaha [20]: 132.).

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (١٠) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (١١) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (١٢) ـ

”Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya, Dia adalah Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sugai”. (QS. Nuh[71]: 10-12).

Semoga kita termasuk dalam manusia yang diluaskan rezekinya oleh Allah SWT. (*)

Baca Juga: Baca Doa Ini Saat Hidup Sedang Banyak Masalah, Rezeki Akan Mengikuti

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya