Sosok Hotman Paris Pilih Bela Irjen Teddy Minahasa Walaupun Sebelumnya Tolak Ferdy Sambo

Senin, 24 Oktober 2022 | 11:38
KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI | Kompas.tv/Ant

Hotman Paris Hotapea mengaku menjadi kuasa hukum Teddy Minahasa atas kasus narkoba.

Sosok.ID -Pengacara kondang Hotman Paris berada di pusaran kasus yang menyeret para jenderal polisi.

Hotman Paris mengaku diminta jadi kuasa hukum Ferdy Sambo, kemudian permintaan itu ditolak.

Ternyata Hotman Paris menerima permintaan menjadi kuasa hukum Irjen Teddy Minahasa.

Irjen Teddy Minahasa adalah jenderal polisi yang tersangkut kasus dugaan peredaran narkoba.

Hotman mengatakan Teddy menunjuk dirinya karena dia dianggap jadi sosok yang bisa dipercaya dan memiliki pengaruh besar di publik.

"Alasanya pertama menurut TM (Teddy Minahasa), Hotman itu bisa dipercaya dan suara Hotman pengaruhnya besar, Hotman itu pintar dan terkenal," kata Hotman Paris ketika dilansir dari Tribunnews.com, Minggu (23/10/2022).

Mulai Senin (24/10) ini Hotman sudah resmi menjadi kuasa hukum sosok Teddy Minahasa menggantikan pengacara sebelumnya, Henry Yosodiningrat.

Senin ini Hotman bertemu dengan Teddy Minahasa.

Hanya saja, saat itu Hotman Paris masih melangsungkan acara di Bali sehingga belum dapat menjawab apa yang menjadi permintaan kliennya itu.

"Benar. Sebenarnya dari awal kasus sudah diminta, cuma saya lagi sibuk di Bali merayakan ulang tahun saya jadi saya belum bisa jawab," kata Hotman Paris saat dikonfirmasi, Minggu (23/10/2022).

Hotman Paris menyebut, persetujuan dirinya menjadi kuasa hukum Teddy Minahasa baru dijawabnya pada Sabtu kemarin.

Bahkan kabarnya, saat ini surat kuasa dari Teddy Minahasa sudah ditandatangani dan akan diserahkan dalam waktu dekat.

"Baru saya bisa jawabnya kemarin, jadi surat kuasa dikasih tanggal per hari senin dan udah ditandatangani. Benar sudah resmi," ucap Hotman Paris.

"Selama ini asisten saya yang temui dia. Tapi yang jelas aku kenal TM jauh sebelum corona, waktu dia masih Karopaminal Propam Polri," kata Hotman Paris.

Tolak jadi pengacara Ferdy Sambo

Hotman Paris sendiri mengungkap alasan dirinya menolak tawaran dari Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi menjadi pengacara mereka dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

"Sekarang saya ngaku apa adanya, memang benar Hotman Paris diminta Pak Sambo untuk jadi pengacaranya, juga diminta (jadi) pengacara Ibu PC. Saya tiga hari gak bisa tidur untuk mengatakan yes or no," ujar Hotman Paris yang dikutip dari kanal YouTube TRANS TV Official, Rabu (7/9/2022).

Hotman Paris mengaku bimbang, lantaran tawaran yang diberikan adalah sebuah impian para pengacara.

"Dari segi kasus, its dream cases bagi lawyer. Ini kasus yang membuat pengacara dimanapun jadi populer," jelas Hotman Paris.

Setelah tiga hari tak bisa tidur, Hotman Paris memilih menolak tawaran dari pihak Ferdy Sambo.

Hal tersebut diambil lantaran Hotman Paris harus bersikap netral, sesuai dengan program acara yang saat ini dia jalani.

"Dengan berat hati saya menolak. Ada beberapa alasan, mencegah konflik kepentingan, karena saya juga sebagai host di acara televisi yang akan membahas kasus tersebut jadi harus netral, bahkan sampai nanti di persidangan."

"Yang kedua adalah, sejak kasus itu ada jutaan orang yang meminta saya untuk menjadi pengacara keluarga Brigadir J-lah, pengacara Bharada E- lah. Kebetulan saya juga lagi sibuk dengan program Hotman 911," jelas Hotman Paris.

"Kenapa pada saat itu saya tertarik menerima tawaran dari Ferdy Sambo? Ada satu yang saya temukan, bisa profesor doktor hukum ada yang belum tahu ini. Saya melihat jarum di semak-semak jerami dengan pengalaman 36 tahun. Ada yang saya dengar dari timnya, saksi kunci memberikan kesaksian katanya, benar atau salah nanti di persidangan ya, bahwa setelah Ibu PC pulang dari Magelang ceritalah ke suaminya di rumah pribadi, at the time seorang jenderal menangis," jelas Hotman Paris.

Analisis Hotman menemukan jika hal yang membuat Ferdy Sambo menangis bukanlah hal yang biasa.

"Orang gak akan peduli soal kalimat menangis itu, bagi seorang Hotman Paris 'hope'. Entah itu kejadian atau tidak, namun saat dia menangis pasti ada sesuatu yang menyentuh terhadap istrinya, tidak lama setelah itu terjadilah penembakan," lanjut Hotman Paris.

Baca Juga: Hotman Paris Umumkan Jadi Pengacara Teddy Minahasa, Klaim Tersangka Banyak Bantu Rakyat Kecil

Editor : May N

Baca Lainnya