Ledakan Jembatan Kerch di Perang Ukraina Disebut Pekerjaan Handal Penyabotase Papan Atas, Senjata Langka Jadi Sorotan

Minggu, 16 Oktober 2022 | 15:31
screen shot express.co.uk

Jembatan runtuh dalam perang Rusia dan Ukraina.

Sosok.ID -Semakin jelas bahwa penghancuran sebagian jembatan Kerch-Crimea dan penghancuran tiga jalur pipa Nord Stream 1 dan 2 membutuhkan teknologi yang sangat canggih dan keterampilan operator rahasia.

Menurut penyelidikan Layanan Keamanan Federal (FSB) Rusia, bom truk yang menghancurkan bagian dari jembatan Selat Kerch Krimea "disembunyikan dalam 22 palet gulungan film plastik dengan berat total 22.770 kilogram."

Rusia menyalahkan Dinas Rahasia Ukraina (SSU), tetapi Kiev akan membutuhkan bantuan profesional yang cukup besar untuk merancang senjata sebesar itu.

Penghancur bunker terbesar dalam persediaan AS, misalnya, adalah GBU-57 A/B dengan berat 14.000 kilogram.

Para ahli akan tahu bahwa untuk merobohkan jembatan itu, mereka membutuhkan sesuatu yang lebih kuat.

Situs jurnalisme investigasi Greyzone mengatakan pada 10 Oktober bahwa Dinas Rahasia Inggris (MI-6) menyusun rencana April lalu untuk meledakkan Jembatan Kerch dan berbagi rencana dengan Ukraina.

Seperti yang dilaporkan Greyzone, rencana Inggris adalah membawa bahan peledak melalui laut, mungkin menggunakan kendaraan bawah air atau penyelam, dan menerbangkan penyangga jembatan utama.

Sebuah alternatif, yang diduga direkomendasikan oleh Inggris, adalah menggunakan rudal jelajah – tetapi hal itu akan menghilangkan segala kemungkinan penyangkalan yang masuk akal.

Rusia mungkin sudah tahu tentang rencana itu.

Menariknya, mereka menempatkan pasukan khusus untuk berjaga-jaga terhadap serangan bawah air dan memindahkan sistem pertahanan udara S-300 dari Suriah ke Krimea untuk menghadapi kemungkinan serangan rudal jelajah.

Dengan asumsi Greyzone akurat, tindakan balasan Rusia memaksa rencana alternatif.

Mungkin, meskipun belum ada bukti yang mendukung tesis tersebut, para ahli Inggris atau AS ditugaskan untuk menentukan skala ledakan yang diperlukan untuk meledakkan jembatan dari jalan raya.

Sebagai catatan, rudal jelajah Ukraina tidak memiliki akurasi dan kekuatan destruktif yang dibutuhkan untuk serangan semacam itu. HIMARS, yang telah dipasok ke Ukraina, mungkin mampu merusak jembatan (tetapi tidak menghancurkannya) dan akurat.

Tapi hulu ledak seberat 90 kilogramnya terlalu kecil untuk menghancurkan struktur sebesar Jembatan Kerch.

Setiap orang Rusia yang bijaksana seharusnya melihat bagian rudal jelajah dari proposal Inggris sebagai kemungkinan palsu jika Moskow berhasil mendapatkan laporan tersebut.

Sedikit yang diketahui tentang bagaimana sejumlah besar bahan peledak dirakit, tepatnya di mana, dan bagaimana hal itu dilakukan secara rahasia – selain pernyataan FSB bahwa pengiriman itu berasal dari kota Odesa di Ukraina.

Sementara Rusia tampaknya telah membaca surat Ukraina, mereka sama sekali melewatkan kemungkinan bom truk.

Mungkinkah rencana yang dibuat oleh Inggris yang dilaporkan Greyzone, secara keseluruhan, adalah tipu muslihat yang dimaksudkan untuk menyesatkan Rusia?

Operasi penipuan seperti ini berakar pada Operasi Mincemeat Inggris Perang Dunia II yang terkenal, di mana informasi yang salah ditempatkan secara strategis di tubuh seorang perwira Inggris palsu untuk ditemukan oleh Jerman.

Jika demikian, tipu muslihat itu berhasil lagi, dan dengan cemerlang.

Penyelenggara pengeboman jembatan menyusun operasi yang tersembunyi tetapi sangat canggih.

Bekerja mundur, terlihat seperti ini: Ada dua truk.

Yang pertama pergi dari Ukraina melintasi Turki, melalui Armenia dan Georgia, dan ke perbatasan Rusia.

Bahan peledak ada di dalam, dibungkus untuk bersembunyi dari sistem pemeriksaan sinar-X Rusia di perbatasan .

Di perbatasan Rusia, trailer pasti dipasang ke truk Rusia yang berbeda.

Jika bahan peledak ada di truk pertama dan trailernya dilepas dan dipasang ke truk kedua tetapi tidak lagi dirontgen – meskipun sumber Rusia mengatakan itu kemudian digeledah oleh penjaga keamanan ketika datang ke jembatan – maka inspeksi Rusia di jembatan itu tampaknya telah ditangani dengan buruk dan asal-asalan.

Ada kepercayaan umum bahwa pengemudi truk yang mengambil muatan tidak tahu bahwa dia sedang mengangkut bahan peledak, yang berarti bahwa bom di truk itu diledakkan melalui radio dari lokasi yang jauh.

Sopir truk tewas dalam ledakan tersebut.

Pihak Ukraina mengeluarkan cerita bahwa ledakan itu berasal dari laut dan bukan dari bentang jembatan.

Tidak ada bukti kuat untuk mendukung teori tersebut.

Baca Juga: Sosok Sergei Surovikin, 'Tukang Jagal' Gorbachev yang Disiapkan Putin untuk Hancurkan Ukraina

Editor : May N

Baca Lainnya