Upaya Megawati Promosikan Puan Jadi Presiden Disebut Langkah Menuju Berakhirnya Era Anak Soekarno Itu

Jumat, 07 Oktober 2022 | 14:34
(KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI)

Potret Puan Maharani saat diwawancarai

Sosok.ID -Berbagai berita buruk terus-terusan mendatangi Ketua DPR Indonesia Puan Maharani, yang merupakan anak dari ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Sekian banyak jajak pendapat tidak menunjukkan keramahan bagi Puan menjadi presiden di tahun 2024.

John McBeth, pengamat politik Indonesia dan Asia Tenggara, mengamati kondisi ini dan menuliskan opininya di media Hong Kong Asia Times.

Puan yang saat ini masih di posisi bawah survei opini, musuhnya untuk jadi kandidat partai, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, tampaknya sudah merebut keunggulan dari Menteri Pertahanan dan ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Menambah frustrasi pendukung Puan, Ganjar makin kuat tanpa harus mendorong popularitas, atau tunjukkan tanda tidak setia terhadap Megawati dan PDIP.

Melihat kondisi ini, McBeth menyebut Megawati akan segera hadapi déjà vu, mengulang keputusan di tahun 2014 ketika dia memaksa membuat keputusan akhir mundur dari laga Presiden Indonesia dan mendukung Joko Widodo yang saat itu lebih populer darinya.

Dalam survei elektabilitas, Ganjar yang berusia 53 tahun disebut McBeth sebagai pilihan yang alamiah.

Namun hal tersebut mengabaikan bagaimana warisan Soekarno membayangi hubungan PDIP 52 tahun setelah kematiannya.

Menurut banyak pihak, hanya seorang teman dekat yang membujuk Megawati untuk membatalkan pencalonannya sendiri sebagai presiden delapan tahun lalu.

Hari ini, dia tampaknya tidak memiliki nasihat yang sama ketika dia merenungkan siapa yang akan menggantikannya sebagai ketua partai terbesar di negara itu.

Pertanyaan tentang kesehatan Megawati dan meningkatnya persaingan antara Maharani, 49, dan saudara tirinya, Prananda Prabowo, 52, keduanya wakil ketua partai, menunjukkan bahwa dalam jangka panjang kepemimpinan PDI-P mungkin sama pentingnya dengan kepresidenan.

Setelah terus bersaing dengan Prabowo dalam jajak pendapat selama tiga tahun terakhir, Charta Politika terakhir menunjukkan Ganjar posisi 31,3%, lebih tinggi dari 24,4% melawan musuhnya, Gubernur Jakarta Anies Baswedan 20,6%.

Bulan lalu, dua lembaga survei terkemuka lainnya, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan Lembaga Survei Indonesia (LSI), membuat Ganjar unggul dengan selisih yang sama, meskipun tidak memiliki profil nasional Prabowo.

Sebuah survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) baru-baru ini terhadap pemilih muda berusia 17 hingga 39 tahun, Pranowo memimpin dengan 33,3%, diikuti oleh Baswedan dengan 27,5% dan Prabowo yang berusia 70 tahun tertinggal dengan 25,7%.

Bagi sebagian besar analis, ini merupakan indikasi kuat bahwa konstituen di bawah 40 tahun, yang merupakan sekitar 55% dari 180 juta populasi pemilih yang kuat, sedang mencari pemimpin generasi baru untuk membawa negara ini maju.

Kubu Puan telah membentuk “Dewan Kolonel” yang tidak biasa untuk mendukung pencalonannya, yang sebagian besar terdiri dari kader tingkat menengah.

Pendukung Ganjar menanggapinya dengan "Dewan Kopral", mencatat bahwa popularitasnya terletak pada basis massa PDI-P.

Pranowo secara terang-terangan tidak diundang dalam rapat kepala daerah PDIP Jateng baru-baru ini di Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah.

Tetapi dengan terus mengucilkan seorang politisi populer yang tidak melakukan apa pun untuk melawan, berisiko mendapat serangan balasan.

Puan sudah berkampanye di Jawa yang kaya akan suara, di mana pemilihan presiden selalu diputuskan.

Tetapi angka jajak pendapatnya hanya bergerak sedikit dari 1,5% menjadi 2,4%, kesaksian tentang kepribadian yang tidak berwarna dan ketidakmampuan untuk membangkitkan pemilih.

Pranowo berbeda dengan Widodo, yang tidak merasa berhutang apapun kepada PDI-P atas kesuksesan politiknya, pertama dalam memenangkan walikota di kota kelahirannya di Solo dan kemudian sebagai gubernur Jakarta, yang menjadi batu loncatannya menuju kursi kepresidenan.

Dalam kedua kasus tersebut, Jokowi dibantu oleh pihak lain dan, dalam pemilihan gubernur 2012, oleh Prabowo sendiri, yang memiliki sedikit firasat pada saat ia akan mencalonkan diri melawannya dalam pemilihan presiden 2014.

Terpilih untuk jabatannya saat ini pada tahun 2013, Ganjar berasal dari latar belakang yang sama sederhananya dengan Widodo.

Tetapi sebagai pengagum Sukarno dan anggota PDI-P sejak 1996, ia menjabat dua periode parlemen antara 2004 dan 2013 sebelum mencalonkan diri sebagai gubernur.

Setelah gagal dalam upaya mereka untuk memperpanjang masa jabatan Widodo, para pelobi presiden sekarang dikatakan bekerja di belakang layar untuk mencocokkan Pranowo dengan Menteri BUMN Erick Thohir, yang dianggap memiliki uang untuk mendanai kampanye presiden.

Namun Megawati pada akhirnya memegang kunci bagaimana para bintang politik akan bersekutu, mengingat PDI-P adalah satu-satunya partai yang dapat mengajukan calon tanpa dukungan dari partai lain.

Pembangunan koalisi akan dimulai dengan sungguh-sungguh setelah itu.

Calon presiden dan wakil presiden harus mendaftar antara 7-13 September 2023, dengan pengumuman resmi pada 11 Oktober – hari yang sama saat calon anggota parlemen juga akan diumumkan.

Periode kampanye resmi ditetapkan pada 14 Oktober hingga 10 Februari 2024.

Untuk saat ini, mungkin koalisi yang paling jelas adalah tim oposisi Baswedan dan Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti, 44, putra tertua mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang ditarik keluar dari militer untuk mengejar karir politik.

Didukung oleh Partai Keadilan dan Kesejahteraan Islam (PKS), gubernur Jakarta dapat mengandalkan suara Muslim sayap kanan yang berpusat di Jawa Barat, tetapi ia membutuhkan Demokrat dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh untuk memperluas basisnya.

Partai pertama yang mendukung Widodo pada tahun 2014, Nasdem akhirnya mengumumkan keputusannya untuk mendukung gubernur pada 2 Oktober, hanya dua minggu sebelum ia meninggalkan kantor dan jauh lebih cepat dari jadwal yang telah ditetapkannya sendiri hanya beberapa hari sebelumnya.

Nasdem adalah kunci aliansi oposisi yang memenuhi ambang batas 20% dari 575 kursi di DPR yang diperlukan untuk mencalonkan calon presiden.

Bersama-sama, ketiga partai itu memiliki 25% legislator petahana.

Surya Paloh, seorang raja media yang kaya, tidak selalu senang dengan cara Nasdem yang berada di peringkat kelima diperlakukan dalam koalisi tujuh partai yang berkuasa di PDI-P, di mana ia memegang portofolio pertanian, lingkungan dan kehutanan dan komunikasi.

Tetapi sampai sekarang para pengamat mempertanyakan apakah sebuah partai dengan kredensial nasionalis kiri-tengah dapat bekerja dengan PKS, yang berada di sisi lain dari kesenjangan politik yang telah menentukan pemilihan yang lebih baru.

Pada 1 Oktober, dalam apa yang dilihat sebagai upaya untuk membuat pertunangan lebih cocok untuk Nasdem, Baswedan secara resmi bergabung dengan Permuda Pancasila, sebuah organisasi nasional yang mendukung ideologi negara pluralis.

Baca Juga: Istrinya Merupakan Cucu Proklamator RI yang Kini Punya Jabatan Ketua DPR RI, Inilah Sosok Pria yang Mampu Taklukkan Hati Puan Maharani, Bukan Orang Sembarangan!

Editor : May N

Baca Lainnya