Tangisan Istri Teuku Ryan Pecah, Ria Ricis Derita Infeksi Menyakitkan di Saat Masih Harus Susui Buah Hati, Dokter Buka Suara

Rabu, 07 September 2022 | 12:06
Kolase: YouTube/TRANS 7 Official dan IG @riaricis1795

Ria Ricis menangis karena menderita mastitis di saat masih menyusui Moana

Sosok.ID - YouTuber Ria Ricis tak bisa menyembunyikan tangisnya saat Teuku Ryan mendapatinya kesulitasn karena menderita infeksi menyakitkan di saat masih menyusui Cut Raifa Aramoana.

Diketahui, Moana yang lahir pada 26 Juli 2022 saat ini baru berusia satu bulan dan masih membutuhkan air susu ibu (ASI).

Tetapi Ria Ricis menderita Mastitis.

Melalui YouTube Ricis Official pada Selasa (6/9/2022), istri Teuku Ryan itu menceritakan bahwa ia merasakan nyeri di payudaranya sekira satu minggu yang lalu.

"Jadi semua itu berawal dari ketika malam hari kurang lebih satu minggu yang lalu," ujar Ricis, dilansir Sosok.ID via Tribun Seleb pada Rabu (7/9/2022).

Saat kondisi tubuh Ria Ricis sedang dalam keadaan kurang fit, ia sempat melewatkan jadwal memompa air susu (pumping) untuk Moana.

"Aku emang dalam keadaan tepar, malam kan harusnya aku pumping dua jam sampai tiga jam sekali,"

"Nah beberapa hari yang lalu (seminggu lalu) aku tuh udah pasang alarm cuman dalam keadaan capek banget dan alarmnya itu nggak sengaja aku stop, aku matiin," cerita Ricis.

Karena lelah dan ketiduran, Ria Ricis baru sempat pumping ASI saat terbangun di alarm kedua.

"Sampai akhirnya alarm kedua bunyi, berarti itu udah lewat 6 jam, aku pompa, pumping," jelasnya.

Di keesokan harinya, Ria Ricis merasakan ada yang tidak beres dengan payudaranya. Tak lama kemudian ia merasakan pembengkakan, namun menduga bahwa hal itu hanyalah pembengkakan biasa.

"Kemudian keesokan harinya mulai ngerasa grenjel-grenjel gitu. Aku kira kayak bengkak seperti biasa."

Kondisi tubuh Ria Ricis lantas semakin tidak fit. Selain bengkak, ia juga merasakan demam dan flu, serta nyeri yang tidak berkesudahan.

"Waktu itu aku udah sempat demam, flu, batuk, pilek. Terus juga payudara dalam keadaan nyeri, setengah bengkak sih."

"Tapi udah tiga hari sampai empat hari berturut-turut nggak sembuh-sembuh," tutur istri Teuku Ryan.

Melihat Ria Ricis mengalami kesulitan, Teuku Ryan berusaha memberikan dukungan kepada istrinya. Ia memijit tubuh bagian belaang Ria Ricis dan mencoba memberikan semangat kepada sang istri.

"Sampai suatu hari, aku lagi pumping. Terus nggak tahu kenapa kayaknya feeling seorang suami gitu. Dia taruh stick (PS)-nya dia duduk di belakang aku sambil mijitin," ungkap Ricis.

Namun dorongan yang diberikan Teuku Ryan justru membuat Ria Ricis menangis. Ia merasakan sakit dan kesulitan memberikan ASI pada Moana, tetapi juga terharu karena dukungan sang suami.

"Tapi waktu itu lagu melow, pumpung lagi hopeless-hopeless-nya tiba-tiba dia pijitin, puk-puk 'ayang kuat'. karena digituin aku langsung tes (nangis). Terus ditanya 'ayang kenapa', byur langsung nangis kenceng," pungkas Ricis.

Pada akhirnya, Ria Ricis memeriksakan diri ke dokter. Ia menjalani pemeriksaan dan mendapati bahwa dirinya terkena mastitis.

"Pas aku dicek, dibilang katanya 'ini mastitis Bu Ricis'," ujarnya menirukan perkataan dokter.

Sekedar informasi, mastitis merupakan infeksi yang sering terjadi pada ibu menyusui.

Mengutip Hellosehat.com, mastitis adalah infeksi pada satu atau lebih saluran payudara, dan dapat menyebabkan rasa sakit yang parah jika tidak terdeteksi dan tidak segera diobati.

Mastitis merupakan infeksi yang cukup umum dialami oleh ibu menyusui. (*)

Baca Juga: Moana Diboyong ke Mall di Usia Sebulan, Ria Ricis Banjir Kritikan, Teuku Ryan Malah Nekat Lakukan Ini: Apa Gak Takut Jatuh?

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya