Perang di Laut China Selatan di Depan Mata, Negara Tetangga Kelimpungan, Impor Bahan Bakar Ini Bisa Disetop Besar-besaran!

Selasa, 23 Agustus 2022 | 15:14
Youtube/Kompas TV

Potret terbaru pulau buatan China di Laut China Selatan

Sosok.ID -Serangan berkedok latihan militer yang dilakukan China kepada Taiwan menggarisbawahi perlunya Australia menyiapkan diri untuk konflik di Laut China Selatan.

Dengan angkatan udara dan laut yang sudah semakin kuat, dan pangkalan-pangkalan militer telah dibangun di seluruh penjuru wilayah, China semakin mampu mengganggu jalur pelayaran penting ekspor dan impor Australia.

Kekhawatiran khususnya adalah ketergantungan Australia pada impor bahan bakar cair lewat jalur pelayaran Laut China Selatan.

Ketergantungan ini telah semakin jelas selama beberapa puluh tahun terakhir saat hanya tinggal dua penyulingan lokal saja yang masih dibuka.

Sehingga, walaupun Australia mengekspor minyak mentah, mereka mengimpir 90% minyak hasil sulingan mereka.

Tim peneliti Asia Times kemudian menganalisis ancaman terhadap rantai pasokan maritim Australia di seluruh kawasan Indo-Pasifik, yaitu Laut China Selatan dan Laut China Timur.

Konflik besar mengancam rute yang memasok 90% impor bahan bakar olahan berasal dari Korea Selatan, Singapura, Jepang, Malaysia, Taiwan, Brunei, dan Vietnam.

Bahkan jika rute antara negara-negara ini dan Australia tidak melewati Laut Cina Selatan, sebagian besar minyak mentah yang diimpor negara-negara ini untuk memproduksi bahan bakar olahan itu.

Analisis yang pertama didasarkan pada analisis kerentanan rantai pasokan yang lebih luas, seperti Tinjauan Keamanan Bahan Bakar Cair interim 2019 dari Departemen Energi dan Lingkungan dan laporan Komisi Produktivitas tahun 2021 yang didorong oleh kekurangan impor yang timbul dari pandemi Covid-19.

Tinjauan keamanan bahan bakar cair 2019 menentukan impor Australia setara dengan 90% dari kebutuhan bahan bakar olahannya.

Pada tahun 2018 hanya lima negara Asia yang memasok 87% impor bahan bakar: Korea Selatan (27%), Singapura (26%), Jepang (15%) dan Malaysia (10%) dan Taiwan (9%). Sisanya berasal dari India (6%), Timur Tengah (1%) dan seluruh dunia termasuk Vietnam dan Filipina (6%).

Kerentanan rute pengiriman

Analisis Asia Times melibatkan pemeriksaan data lalu lintas GPS untuk kapal tanker dan kargo di seluruh Laut Cina Selatan dan wilayah Laut Cina Timur.

Bukan hanya rute pengiriman antara negara sumber dan Australia yang penting.

Di sinilah negara-negara ini mengimpor minyak mentah yang mereka saring menjadi bensin, solar, bahan bakar jet, bahan bakar laut, dan minyak tanah.

Lebih dari 80% impor minyak mentah untuk Singapura, Korea Selatan dan Jepang berasal dari Timur Tengah – melewati Selat Malaka yang sempit yang memisahkan Semenanjung Malaya dari pulau Sumatera di Indonesia.

Jadi sementara jalur ekspor dari Jepang dan Korea ke Australia bisa menghindari Laut China Selatan, jalur impornya tidak bisa.

Penutupan Laut Cina Selatan yang berkepanjangan akan memaksa kapal tanker untuk mengambil rute alternatif.

Dengan rute yang lebih panjang akan datang biaya pengiriman yang lebih tinggi dan kekurangan kapal tanker.

Efek lanjutan ke Australia tidak dapat dihindari.

Perencanaan dan kesiapsiagaan

Seperti yang dicatat oleh tinjauan keamanan bahan bakar cair 2019, Australia adalah outlier global dalam pendekatannya terhadap keamanan bahan bakar cair.

Ekonomi yang sebanding mengelola keamanan bahan bakar sebagai bagian dari kemampuan strategis mereka.

Australia, sebagai perbandingan, telah memilih untuk menerapkan regulasi minimal atau intervensi pemerintah dalam mengejar pasar yang efisien yang mengirimkan bahan bakar ke Australia semurah mungkin.

Hingga saat ini, perencanaan strategis Australia untuk konflik di Laut China Selatan sebagian besar berfokus pada kebutuhan militer.

Dengan meningkatnya kemampuan militer dan perang China, tidak ada lagi ruang untuk berpuas diri tentang kurangnya keamanan energi Australia.

Lokakarya 2019 para ahli teknik yang diadakan untuk Departemen Pertahanan menentukan Australia akan kehabisan bahan bakar cair dalam waktu dua bulan setelah gangguan impor besar yang berkepanjangan.

Ini akan memiliki efek berjenjang pada semua sektor ekonomi – melumpuhkan transportasi, dan merusak ketahanan pangan dan layanan darurat.

Antara lain, para ahli memperingatkan kekurangan solar untuk generator cadangan di rumah sakit dan bangunan lain bisa menjadi bencana besar jika terjadi pemadaman listrik skala besar.

Ada lima pilihan utama untuk mengurangi kerentanan Australia: diversifikasi sumber impor; meningkatkan kemampuan penyulingan lokal; mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil; meningkatkan cadangan strategis; dan mendidik dan mempersiapkan penduduk untuk kemungkinan kekurangan.

Semua akan membutuhkan perencanaan departemen pemerintah bersama dengan berbagai sektor industri, termasuk pengecer bahan bakar, kilang dan terminal impor, manufaktur, angkutan barang, maritim, pertahanan, masyarakat dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Baca Juga: Panas, China Umumkan Latihan Militer Tembakan Langsung Terbaru Usai PLA Mata-matai Aktivitas Taiwan

Editor : May N

Baca Lainnya