Nama di Balik Peristiwa - Sosok.ID

Diciptakan Si Miskin 'Dicuri' Si Kaya, Saat Perusahaan Baim Wong Daftarkan Citayam Fashion Week ke PDKI

Senin, 25 Juli 2022 | 09:01
Grid Networks Fenomena Citayam Fashion Week berujung didaftarkan perusahaan Baim Wong ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).
Instagram @baimwong

Fenomena Citayam Fashion Week berujung didaftarkan perusahaan Baim Wong ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

Sosok.ID - Fenomena Citayam Fashion Week yang belakangan marak menjadi bahasan di sosial media, berujung didaftarkan perusahaan Baim Wong ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

Hal ini menuai kritik tajam dari para netizen dan pegiat sosial media.

Pasalnya, fenomena Citayam Fashion Week(CFW) dinilai dipopulerkan oleh masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.

Lalu ketika tren tersebut digandrungi sejagat Tanah Air, perusahaan Baim Woong dan istrinya Paula Verhoeven, PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan CWF ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Kritik atas tindakan Baim Wong ini salah satunya disampaikan oleh pegiat media sosial Twitter dengan nama pengguna @WidasSatyo.

Widas menilai, ketika ruang publik dimasuki sejumlah orang untuk dijadikan aset pribadi, maka hal itu sudah tidak benar.

"Argumen SIAPAPUN boleh join di Citayam Fashion Week karna itu PUBLIC SPACE berakhir ketika ada sekelompok orang yg coba membuatnya jadi ASET PRIBADI. It's just pure greed," tulis Widas pada Minggu(24/7/2022), seperti dikutip Sosok.ID.

Widas sempat tidak keberatan dengan argumen yang menyebutkan bahwa siapapun boleh turun bergabung mengikuti tren Citayam Fashion Week, termasuk artis.

Namun Widas agaknya tidak menyangka hal itu akan berujung pada pendaftaran Citayam Fashion Week ke PDKI.

Grid Networks Warganet kecam tindakan Baim Wong mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai asetnya.
Tangkap Layar Twitter
Twitter

Warganet kecam tindakan Baim Wong mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai asetnya.

"Tempo hari banyak yg marah ke @audhinafh and it turns out she was right. Termasuk aku yg sempet mempertanyakan kalo public space berarti semua orang boleh ikut. Ujung2nya emg buat panggung sekelompok orang tertentu. I do appologize for it," tandas Widas.

Sejauh artikel ini ditulis, cuitan yang dituliskan Widas sudah disukai oleh lebih dari dua ribu pengguna Twitter.

Sebagian besar netizen setuju dengan keluhan Widas.

"Citayam Fashion Week ini kan tempat anak-anak buat berekspresi dan sebagai hiburan. Eh, sama orang-orang kaya malah dijadiin bisnis buat nyari cuan wkwk," komentar netizen dengan nama pengguna @rahmakhsn.

Baim Wong benarkan perusahaannya daftarkan CFW ke PDKI

TikTok Paula Verhoeven
TikTok Paula Verhoeven

Paula Verhoeven saat bertemu Bonge, salah satu anak muda yang tenar di Citayam Fashion Week

Di sisi lain, artis Baim Wong selaku pemilik perusahaan PT Tiger Wong Entertainment membenarkan kabar yang beredar.

Perusahaannya memang telah mendaftarkan CFW ke PDKI.

"Betul," kata Baim Wong saat dihubungi awak media, Minggu (24/7/2022), dilansir Sosok.ID dari Tribunnews.com.

Bukan itu saja, Baim Wong juga mempromosikan rencana fashion show yang akan digelar pada Agustus 2022.

Menurutnya, persiapan CFW sudah hampir rampung.

“Iya sudah mau final. Di bulan Agustus (akan diselenggarakannya),” lanjut Baim.

Dalam laman resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham, nama perusahaan Baim Wong PT Tiger Wong memang telah mendaftarkan brand Citayam Fashion Week.

Permohonan PT Tiger Wong diterima pada Rabu (20/7/2022) dan teregistrasi dengan nomor JID2022052181.

Permohonan yang dituliskan perusahaan Baim Wong menyebut bahwa Citayam Fashion Week merupakan hiburan dalam peragaan busana hingga podcast.

Ini artinya CFW menyediakan layanan hiburan peragaan busana dan podcast di bidang mode

Mengutip Tribunnews.com, CFW yang didaftarkan Baim Wong dapat menyediakan pelaporan berita di bidang fashion, menyediakan video online yang tidak dapat diunduh di bidang mode, organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaan busana, dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan, dan pengaturan peragaan busana untuk keperluan pertunjukan.

Lebih lanjut, perencanaan pesta (hiburan) untuk acara promosi sehubungan dengan peragaan busana, produksi program televisi di bidang mode untuk tujuan hiburan, dan publikasi majalah mode untuk tujuan hiburan.

Berdasar informasi yang dihimpun Sosok.ID, fenomena Citayam Fashion Week didominasi oleh masyarakat kelas menengah ke bawah dan populer pertama kali di sosial media TikTok.

Fenomena ini semakin menarik ketika turun para street photographer yang mengabadikan momen anak-anak muda mengekspresikan diri lewat busana di Citayam.

Saat Paula Verhoeven turun berlenggak-lenggokdi Citayam Fashion Week, muncul opini pro dan kontra.

Banyak yang turut mengapresiasi keterlibatan Paula yang menyenangkan suasana, namun pula banyak yang khawatir jikaturunnya para artis berujung padapemanfaatan tren Citayam Fashion Week untuk keuntungan pribadi. (*)

Baca Juga: Titi Kamal Tangisi Ucapannya, Sarwendah Titip Anak-anaknya pada Orang Rumah: Pada Saat Aku Gak Ada...

Tag

Editor : Rifka Amalia