Gemparkan Dunia, Indonesia Jadi Kekuatan Militer Baru yang Mampu Buat Lawan Ketakutan Termasuk China, Hal Ini Jadi Bukti!

Senin, 11 April 2022 | 14:47
YouTube TNI AD

Gemparkan Dunia, Indonesia Jadi Kekuatan Militer Baru yang Mampu Buat Lawan Ketakutan Termasuk China, Hal Ini Jadi Bukti!

Sosok.ID - Kekuatan militer Indonesia kini makin dipandang oleh dunia internasional hingga masuk jajaran negara dengan pertahanan terbaik.

Bahkan baru-baru ini sebuah kabar mengejutkan mengenai pengakuan kekuatan militer Indonesia menjadi sorotan.

Meski teknologi militer Indonesia belum dikatakan sejajar dengan negara-negara maju seperti China, Rusia maupun Amerika Serikat (AS).

Nyatanya militer Indonesia mampu menjelma menjadi kekuatan perang yang cukup disegani di dunia internasional.

Tak sampai di situ saja, di tengah ketegangan yang terjadi di wilayah Eropa Utara saat ini antara Rusia dan Ukraina, tetapi konflik di Asia juga tak bisa dikesampingkan.

Salah satunya ketegangan antara China dengan beberapa negara yang berbatasan laut beberapa waktu terakhir.

Melansir dari Intisari Online, diketahui dalam beberapa bulan terakhir konflik perbatasan wilayah laut terjadi antara China dan sejumlah negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Bahkan yang paling terlihat, kini konflik yang terjadi antara China dengan Taiwan yang semakin hari semakin memanas.

Namun kini China maupun negara yang ingin berurusan dengan Indonesia bakal berpikir berulang kali untuk membuat masalah.

Hal itu karena Indonesia baru-baru ini secara terang-terangan menancapkan pengaruh mengenai kekuatan militer di mata dunia internasional.

Terbukti dengan langkah yang diambil oleh militer Indonesia lewat latihan gabungan dengan sejumlah negara.

Latihan militer tahunan antara tentara Indonesia dan AS akan mencakup lebih dari selusin negara tahun ini, saat ketegangan dengan China terus meningkat di kawasan.

Pelatihan bersama Garuda Shield akan diikuti oleh militer dari 14 negara -- termasuk Inggris, Australia dan Jepang.

Latihan militer gabungan itu akan mencakup latihan darat dan pendaratan pantai mulai 1-14 Agustus, di kepulauan Sumatera Selatan Indonesia dan pulau Kalimantan Timur, menurut Tentara Nasional Indonesia.

Itu akan menjadikannya sebagai edisi "terbesar" sejak Garuda Shield didirikan pada 2009, Albert Tambunan, juru bicara militer Indonesia mengatakan kepada AFP, Minggu (10/4/2022).

Seorang pejabat AS mengatakan sekitar 3.000 tentara akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Perluasan kerja sama militer tahun ini menandakan peningkatan hubungan pertahanan antara AS dan beberapa negara Asia Pasifik, dengan ketegangan yang berkobar di perairan yang disengketakan.

Lokasi latihan Militer Indonesia-AS berbatasan dengan titik nyala Laut China Selatan.

Diketahui jalur air vital yang diklaim Beijing hampir secara keseluruhan, dan telah menjadi titik utama pertikaian antara beberapa negara Asia Tenggara dan China selama pertemuan tahunan.

Tetapi Ian Francis, kepala Kantor Kerjasama Pertahanan di kedutaan AS di Jakarta, menyebut perluasan latihan militer sebagai.

"hasil alami dari kemampuan berkelanjutan militer Indonesia dan kesediaannya untuk bekerja lebih luas dengan mitra".

"Ini benar-benar menunjukkan bahwa AS memiliki hubungan kerja sama keamanan yang berkembang dengan Indonesia," katanya kepada AFP.

Daftar lengkap negara peserta belum dirilis. Pengumuman itu muncul setelah kunjungan Laksamana John Aquilino ke Jakarta bulan lalu, yang memimpin komando Indo-Pasifik.

Diketahui sosok Laksamana John Aquilino mengemban tugas untuk mengawasi semua kegiatan militer AS di kawasan itu.

Indonesia tidak secara resmi menjadi penuntut dalam sengketa Laut China Selatan, tetapi ketegangan tersebut menjerat 10 negara blok regional Asia Tenggara (ASEAN) dalam pertemuan tahunan dengan Beijing.

(*)

Baca Juga: Bak Diam-diam Menghanyutkan, Kekuatan Militer Indonesia Ternyata Mampu Kalahkan Jerman Sampai Israel, Malaysia Sampai Iri?

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com, afp, Intisari Online

Baca Lainnya