22 Tahun Buka Praktek, Sosok Ini Kibuli Sejumlah Klub Profesional Indonesia Gegara Jadi Dokter Gadungan, Mantan Pasien Hampir Celaka!

Sabtu, 04 Desember 2021 | 19:51
INSTAGRAM/@NANDOARIIIS

22 Tahun Buka Praktek, Sosok Ini Kibuli Sejumlah Klub Profesional Indonesia Gegara Jadi Dokter Gadungan, Mantan Pasien Hampir Celaka!

Sosok.ID-Sebuah kabar mengejutkan datang dari dunia sepak bola tanah air saat praktek dokter gadungan terbongkar.

Lebih mengejutkan lagi sosok dokter gadungan bernama Elwizan Aminuddin telah berkiprah hampir 22 tahun.

Sosok Elwizan Aminuddin diketahui telah menjadi dokter yang menangani sejumlah klub Liga 1 termasuk PS Sleman (PSS).

Kebohongan yang telah puluhan tahun disimpan akhirnya terbongkar gegaraijazah kedokterannya ternyata palsu.

Baca Juga: Bak Cari Penyakit Ngapeli Anak Anggota Brimob Pakai Seragam Curian, Polisi Gadungan di Sulsel Digiring ke Polsek, Petualangan Cintanya Kini Terhalau Jeruji Besi

Tak sampai di situ saja, ternyata sosoknya tidak terdaftar di aplikasi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

Padahal sosok Elwizan Aminuddin diketahui telah berkiprah menjadi dokter di berbagai klub Indonesia, seperti Madura United, Bali United, dan Barito Putra.

Selain itu,sosok yang mengejutkan dunia sepak bola ini juga pernah menangani Timnas Indonesia U-16 dan U-19, yang artinya PSSI pun kebobolan.

Elwizan Aminuddin tidak memiliki ijazah kedokteran terdaftar, dan kini dirinya terancam dipenjara, karena kasus penipuan.

Baca Juga: 5 Bulan Bina Biduk Rumah Tangga dengan AKBP Polda Metro Jaya, Keluarga Pria Ini Syok Mantunya Ternyata Polwan Gadungan, Duit Rp 204 Juta Ludes Tak Bersisa

Kasus seperti yang dilakukan olehElwizan ternyata bukan pertama kali ditemukan di dunia olahraga.

Melansir dari Intisari-Online, tahun 2014-2015, wanita bernama Zholia Alemi alias dokter gadungan menjadi dokter di Nofold and Suffold Foundation Trust.

Lebih ekstrem dia menjadi dokter selama 22 tahun tanpa ketahuan.

Namun, kedoknya terungkap pada 2019 silam ketika salah satu pasiennya bernama Darren King (31) nyaris celaka, hingga tenggelam di bak mandi selama dirawat Zholia.

Baca Juga: Sudah Ribet Berlagak Jadi Polisi Bodong, Begal Ini Malah Apes saat Mobil Rampokan Mogok di Jalan, Awalnya Mau Dijual Ujung-ujungnya Cuma Dipreteli

Kemudian, dia menolak untuk memenuhi permintaan keluarganya mengenai kapasitasnya sebagai dokter.

Rincian kepalsuannya sebagai dokter akhirnya terkuak, laporNZ Herald.

Alemi pernah dipenjara karena tahun sebelumnya mengaku menjadi psikiater selama lebih dari 20 tahun di Inggris.

Kualifikasi palsu wanita 56 tahun ini ditemukan ketika dia mencoba secara curang mengubah kehendak pasien manula, dengan mangambil alih warisannya pasien senilai 2,4 juta dollar AS (Rp33 miliar).

Baca Juga: Dikira Kepergok Pak RT Saat Berbuat Mesum di Semak-semak, Remaja Perempuan Ini Dipaksa Puaskan Hasrat Ketua RT Gadungan, Begini Kronologinya!

Kepercayaan yang diberikan kepada Zholia sepenuhnya adalah tanggung jawab National Health Service Foundation.

Karena dia bekerja untuk organisasi itu selama 22 tahun.

Dia bisa bekerja di Inggris setelah dilaporkankarena membeli gelar sarjana bidan dan sarjana kedokteran dari University of Auckland.

Menanggapi hal itu juru bicara Layanan Kesehatan Norfolk dan Suffold (CSMHS) mengatakan, "mengejutkan bahwa dokter palsu bisa meresepkan obat untuk 164 pasien."

"Sekarang adalah waktu untuk audit eksternal penuh kualifikasi sarjana dan pascasarjana semua dokter yang bekerja di NSFT, untuk memulihkan kepercayaan pasien," tambahnya.

"Kami telah diyakinkan oleh GMC (General Medical Council) bahwa cek mereka lebih kuat dari pada tahun 1990-an," lanjutnya.

Sedangkan GMC mengakui ceknya tidak memadai dan kini melakukan peninjauan terhadap lebih dari 3.117 dokter berlisensi, di rute negara persemakmuran.

Alemikemudian diselidiki dan diberi peringatan resmi oleh Layanan Tribunal Praktisi Medis pada 2012, namun gagalmendapatkan hukuman. (*)

Baca Juga: Kepengin Nikah Tapi Tak Punya Modal, Pria Ini Nekat Jadi Polisi Gadungan untuk Peras Gadis yang Diajak Kenalan Lewat Media Sosial : Saya Terinspirasi dari Film Sama Nonton TV Pak!

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : BolaSport.com, intisari-online

Baca Lainnya