Siaran Rangkaian Pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar Terancam Dibatalkan, KPID Sampai Minta KPI Pusat Beri Tindakan Tegas, Ada Apa?

Minggu, 15 Agustus 2021 | 19:31
Instagram @rizkybillar

Siaran Rangkaian Pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar Terancam Dibatalkan, KPID Sampai Minta KPI Pusat Beri Tindakan Tegas, Ada Apa?

Sosok.ID-Seperti tak habis-habis, cobaan yang dialami oleh pasangan kekasih Lesti Kejora dan Rizky Billar jelang pernikahan agaknya masih belum usai.

Diketahui, pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora telah melaksanakan lamaran pada Minggu (13/6/2021)

Sedangkan akad nikah yang sempat ditunda, bakal dilaksanakan pada Kamis (19/8/2021) di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, 19 Agustus 2021.

Bahkan rangkaian acara pernikahan keduanya diketahui bakal disiarkan oleh beberapa stasiun televisi.

Baca Juga: Jelang Hari Pernikahan, Lesti Kejora Bongkar Ogah Menikah Dengan Rizky Billar Gegara Hal Ini!

Pada Sabtu (14/8/2021) lalu, pengajian telah digelar dengan khidmat.

Rentetan acara tersebut dimulai pukul 07.00 WIB dengan tajuk 'Cinta Abadi Leslar'.

Namun di tengah kabar bahagia tersebut justru terselip sebuah masalah mengenai tayangan live mereka di televisi.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, Adiyana Slamet, menegur TV yang menyiarkan acara pra-pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar.

Baca Juga: Waktu Sudah Sangat Mepet, Baju Rangkaian Acara Pernikahan Lesty Kejora Terpaksa Dibuat Ulang H-2

Adiyana Slamet berharap agar semua lembaga penyiaran mengedepankan etika penyiaran untuk kepentingan publik, bukan sekadar mana yang kuat membayar.

Pernyataan itu disampaikan Adiyana terkait tayangan pra-pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar yang disiarkan TV pada Minggu (8/8/2021).

Adiyana menyebutkan, tayangan tersebut sembrono karena selama tujuh jam menggunakan frekuensi publik untuk menayangkan urusan pribadi.

“Sebab, sesungguhnya penegakan etika penyiaran adalah cerminan dari adab kehidupan kita. Jangan sampai kita disebut tak beradab,” kata Adiyana dalam konferensi pers virtual, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Sepakat, Lesty Kejora dan Rizky Billar Buat Perjanjian Pra Nikah, Isi Kesepakatan Tak Terduga Sampai Singgung soal Password HP

Adiyana mengatakan, berdasarkan kajian yang dilakukan, tayangan yang disiarkan TV itu telah melanggar sejumlah aturan.

Pertama, TV secara kasat mata melanggar Pasal 11 ayat 1 Standar Program Siaran (SPS) yang menyatakan bahwa program siaran wajib dimanfaatkan untuk kepentingan publik dan tidak untuk kepentingan kelompok tertentu.

Kedua, Pasal 13 ayat 2 Standar Program Siaran yang menyatakan program siaran tentang permasalahan kehidupan pribadi tidak boleh menjadi materi yang ditampilkan dan/atau disajikan dalam seluruh isi mata acara, kecuali demi kepentingan publik.

Baca Juga: Ketangkap Basah Juga, Rizky Billar Tak Berdaya Disemprot Calon Mertua, Tangis Lesty Kejora Sampai Pecah Depan Orang Tua, Ada Apa?

Faktanya, acara Lesti dan Billar ditayangkan hampir tujuh jam.

Mulai dari pukul 08.30-09.30 WIB dengan judul "Cinta Abadi Leslar" edisi Menghitung Hari dan pukul 15.30 sampai 21.30 WIB dalam edisi "Lepas Lajang, Calon Pemimpinmu, Kado Terindah Lesti".

Baca Juga: Rizky Billar dan Lesti Kejora Sudi Dijatuhi Hukuman, Perjanjian Pra-Nikah Keduanya Bocor, Isinya Tak Disangka

Untuk itu, KPID Jabar meminta agar KPI Pusat menegur secara tertulis stasiun TV tersebut.

Seperti dikutip Gridhot dari Tribunjabar, KPID Jabar juga meminta KPI Pusat memberikan sanksi yang sama kepada lembaga penyiaran lain yang menayangkan acara serupa. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : GridFame.ID

Baca Lainnya