Militer Indonesia Kembali Jadi Sorotan Dunia, Tank Harimau Jadi Armada Baru Kekuatan Militer TNI AD Untuk Tempur di Wilayah Hutan Tropism, Begini Penampakannya!

Kamis, 20 Mei 2021 | 16:23
Kompas.com via Tribun-Medan.com

Militer Indonesia Kembali Jadi Sorotan Dunia, Tank Harimau Jadi Armada Baru Kekuatan Militer TNI AD Untuk Tempur di Wilayah Hutan Tropism, Begini Penampakannya!

Sosok.ID - Kekuatan militer Indonesia kembali jadi sorotan dunia setelah PT Pindad umumkan armada tempur terbarunya yang bekerja sama dengan perusahaan asal Amerika Serikat (AS).

Armada baru ini disebut-sebut bakal sangat membantu TNI Angkatan Darat dalam operasi tempur di daerah tropis seperti hutan.

Alutsista ini kemungkinan bakal menjadi salah satu andalan TNI AD saat melancarkan pertempuran di berbagai medan di daratan.

PT. Pindad resmi menggulirkan program peningkatan kemampuan untuk armada tank Harimau.

Baca Juga: Tank Musuh Tak Berkutik, Inilah Sniper yang Jadi Kekuatan Militer Indonesia, Kendaraan Lapis Baja Dengan Mudah Bisa Tembus!

Dalam program pentingini, Pindad menggandeng Allison Transmission yang berbasis di Indianapolis, AS, sebagai mitra utama.

Allison Transmission merupakan pabrikan komponen transmisi otomatis untuk kendaraan berat dan militer terbesar di dunia.

Perusahaan ini terbilang aktif dalam program pertahanan di seluruh dunia.

Dilansir dari Business Wire, Allison Transmission dengan bangga bekerja sama dengan Caterpillar Defense, FNSS Defence Systems (Turki) dan PT Pindad, untuk menyediakan tank medium baru untuk TNI Angkatan Darat yang dikenal dengan nama Harimau.

Baca Juga: Disebut Kekuatan Militernya Lemah, Sosok Ini Sebut Indonesia Butuh 240 Kapal Perang, 10 Skuadron Jet Tempur dan 12 Kapal Selam Bilang Ingin Amankan 17.000 Pulau, Begini Penjelasannya!

Manajer Umum dan CEO FNSS, Nail Kurt melaporkan, produksi antara 200 hingga 400 tank secara unik memang cocok untuk kondisi Asia secara umum.

Kemampuan tank Harimau

Tank Harimau mengandalkan teknologi transmisi lintas-penggerak dari Allison.

Sistem ini dirancang untuk kendaraan tempur jalur menengah, dan menyediakan tenaga penggerak, kemudi, dan pengereman.

Business Wire mencatat, transmisi otomatis yang diproduksi dengan lisensi oleh Caterpillar Defense di Shrewsbury, Inggris telah dipercaya menggerakkan kendaraan tempur di seluruh dunia selama beberapa dekade.

Baca Juga: Makanya Diminta Jadi Penengah Konflik di Laut China Selatan, Kekuatan Militer Indonesia Disebut Makin Kuat, Salah Satunya Bakal Punya Jet Tempur Siluman Ini!

"Kami menghargai kesempatan untuk menyediakan sistem penggerak untuk kendaraan yang sangat penting dan mengesankan ini bagi Angkatan Bersenjata Indonesia,” ungkap Dana Pittard, Wakil Presiden Program Pertahanan di Allison Transmission.

Harimau Medium Tank Kanon 105 mm merupakan tank kelas menengah yang menggunakan kanon 105 mm.

Tank ini merupakan kendaraan tempur produk terbaru dari PT Pindad yang didukung oleh Kementerian Pertahanan RI sesuai kebutuhan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Baca Juga: Peta Kekuatan Militer, Indonesia Nomor Satu di Asia Tenggara!

Dikutip dari laman resmi Pindad, tank Harimau dilengkapi dengan two-man turret kaliber 105 mm, serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk menunjang daya tempur maksimum.

Tank Harimau didesain secara khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan karena memiliki bobot yang lebih ringan dari Main Battle Tank (tank tempur utama).

Baca Juga: Tentara Zionis Semena-mena Gempur Palestina, Tapi Tak Jarang Jatuh Dipecundangi Indonesia, Ini Alasan TNI Lebih Unggul dari Militer Israel!

Program pengadaan tank Harimau adalah salah satu simbol modernisasi militer Indonesia yang mendapatkan prioritas tertinggi saat ini.

Tank kelas menengah ini telah melewati pengujian ekstensif oleh FNSS dan Pindad, dan sekarang telah memasuki produksi massal.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kontan.co.id

Baca Lainnya