Bak Tebal Muka, Luna Maya Nyolot Mencak-mencak Ogah Disalahkan meski Jadikan Penyakit Mental Orang Lain sebagai Bahan Tertawaan, Dikritik malah Anak Hotman Paris Dikatai

Rabu, 31 Maret 2021 | 19:15
YouTube Indonesia's Top Next Model via Kompas.com

Luna Maya dan Deddy Corbuzier jadikan penyakit mental seseorang sebagai bahan candaan.

Sosok.ID - Perilaku Luna Maya dan Deddy Corbuzier dalam sebuah ajang pencarian model yang disiarkan salah satu stasiun televisi swasta telah menyebabkan polemik.

Luna dan Deddy dalam kesempatan tersebut menjadikan penyakit mental seseorang sebagai bahan guyonan.

Sontak hal itu memicu reaksi keras dari mereka yang paham mengenai pentingnya kesehatan mental.

Bahkan putri dari pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, Felicia Hutapea pun ikut menyampaikan kritiknya kepada Luna dan Deddy.

Baca Juga: Dikritik Keras, Psikolog Ini Beri Komentar Pedas Pada Luna Maya dan Deddy Corbuzier Saat Disebut Menghina Model yang Pernah Alami Gangguan Jiwa: Tipikal Kayak Ginilah!

Namun sayang, bukannya mengakui kesalahan dan berbenah diri, Luna Maya justru bersikap kolot kepada Felicia.

Ia bahkan menyebut Felicia sebagai anak kecil yang tak lebih baik darinya.

Melansir GridHot.ID, Luna Maya dan Deddy Corbuzier diketahui menjadi juri dalam ajang Indonesia's Next Top Model (INTM).

Namun, komentar Luna dan Deddy terhadap salah satu kontestan dinilai tidak menghargai perihal kesehatan mental yang dialaminya.

Baca Juga: Tepat Sasaran, Luna Maya Syok Ramalan Pahit Mama Lauren Jadi Nyata, sang Peramal Sempat Sebut Hidupnya Bakal Penuh Fitnah: Kasihan ya Kamu

Dilansir Tribun-timur.com dari Kompas.com, dalam episode yang tayang pada 19 Maret 2021 lalu, salah satu kontestan bernama Danella Ilene Kurniawan menceritakan kisahnya yang sempat mengalami gangguan mental health yaitu eating disorder.

Ilene bercerita bahwa ia sempat mengalami 2 kali gangguan eating disorder yakni keinginan untuk makan terus menerus secara berlebihan, dan kedua tidak memiliki napsu makan sama sekali.

"At first, juga aku enggak paham kalau itu ternyata penyakit mental. Aku tuh nggak sadar, diagnosisnya eating disorder," kata Ilene.

Baca Juga: Anak Gadis Hotman Paris Mendadak Protes Kelakuannya di TV, Luna Maya Balik Semprot Felicia Hutapea, Akui Merasa Dibully: Aduh Anak Kecil Banget

"Jadi pernah dua kali. Pertama jadi pingin makan terus. Kedua jadi nggak pingin makan apa-apa," imbuhnya.

Cerita Ilene itu langsung ditimpali oleh Luna Maya dan Deddy Corbuzier.

"Saya suka banget makan, jadinya saya eating disorder kali, ya," kata Luna.

"Anda memang mental health, Bu," timpal Deddy.

Tak hanya itu, Ilene juga bercerita bahwa ia pernah depresi. Namun, sudah berhasil melewatinya.

Baca Juga: Kabur ke Belakang Panggung, Luna Maya Nangis Sejadi-jadinya saat Dengar Ini, Melaney Ricardo Langsung Tuding Biang Keroknya: Gara-gara Lo!

"Depresi? Bentar, bentar, bentar. Saya penasaran, deh, dengan teman-teman di sini, apalagi kamu, Ilene."

"Kamu, tuh, cantik. Kamu, tuh, model, tinggi. Terus, seksi, iya. Pinter, iya. Kalau kamu depresi, kamu itu menghina tukang martabak yang jualan depan rumah," timpal Deddy.

Namun, Illene kembali menjelaskan bahwa dirinya sudah pergi ke psikolog dan berkonsultasi.

Dan benar saja, Illene memang mengalami gangguan kesehatan mental yang mengarah pada eating disorder.

Candaan Luna dan Deddy itulah yang disorot Felicia Hutapea, anak pengacara kondang Hotman Paris.

Baca Juga: Anggap Maia Estianty Tak Becus Urus Anak, Ahmad Dhani Langsung Mencak-mencak Saat Tahu Cara Mantan Istrinya Sembuhkan Penyakit Mental Dul Jaelani: Ibunya Nggak Bisa Jadi Guru

Sentilan Felicia Hutapea

Merasa apa yang disampaikan Luna Maya dan Deddy Corbuzier cukup keterlaluan, Felicia Hutapea secara gamblang menyentil keduanya melalui unggahan di cerita Instagram.

Melansir dari Instagram @nyinyir.update.officiall, Felicia mengunggah sejumlah story tentang kelakuan Luna dan Deddy.

"Kesehatan mental itu GAK LUCU, 'Kalau saya suka makan, berarti saya punya eating disorder', 'Kalau kamu depresi, kamu menghina tukang maratabak depan rumah saya' @mastercorbuzier @lunamaya maksudnya bagaimana?" tulis Felicia dalam unggahnnya.

Baca Juga: 'Saya Tidur Nyenyak Semalam', Kata Seorang Anak Usai Potong Penis Ayahnya

Luna langsung membalas melalui DM.

Jawaban yang diberikan Luna terkesan tak mau disalahkan atas sikapnya.

Berikut percakapan DM Felicia Hutapea ke Luna Maya:

Luna Maya: Aduh cape lah, km atur aja asumsi kamu, Kamu gak tau kan tentang kesehatan mental seseorang. Kamu pikir dengan menyerang saya kamu lebih baik dari saya. No dear km sama aja bully.

Felicia: Okay, saya pernah depresi.

Luna Maya: Tapi its OK, lagi emosi.

Felicia: Itulah kenapa saya tidak terima dm-an seseorang yang ***** kepada kalian.

Luna Maya: Semua orang pernah depresi

Felicia: Kalian malah lucu2in di tv.. lol.

Luna Maya: Aduh anak kecil banget.

Felicia pun tidak senang dengan sikap Luna yangmenjadikan penyakit mental seseorang sebagai bahan candaan.

"Tolong JANGAN bilang ini ke orang dengan penyakit mental," tutup Felicia melingkari kalimat yang ditulis Luna.

Baca Juga: Hilang dari Wara-wiri Layar Kaca, Mendadak Artis Cantik Ini Datang Bawa Kabar Soal Penyakit Mental yang Dideritanya, Sempat Mengelak: Gue Nggak Sakit Gila Lo!

Di sisi lain, akun Instagram @seributujuan yang diketahui merupakan akun Mental Health Service juga menegaskan hal yang sama ke dua juri Indonesia's Next Top Model itu.

"[tw: Eating disorder, Depression, Suicidal thoughts] — Hi sobat Seribu Tujuan, beberapa hari yang lalu ada sebuah klip viral dari #INTM yang diposting oleh akun @ilene_fanbase dimana para juri membuat lelucon akan depresi dan perjalanan gangguan makan yang dialami @danellailene .

Tim kami tidak ingin membahas hal ini langsung karena kami ingin memahami konteks secara menyeluruh dalam memahami situasinya.

Kami dengan berhati-hati menyusun post ini agar kami dapat memberikan edukasi lebih akan kesehatan mental dan memberikan poin penting terkait kerugian yang ditimbulkan serta kemungkinan timbulnya pemicu stigma negatif akan kesehatan mental di Indonesia karena tindakan tersebut yang ditayangkan di televisi."

Baca Juga: Rencana Pernikahanya Dengan Billy Syahputra Bubar Jalan, Hilda Ngaku Dirinya Kena Gangguan Mental: Pejuang OCD Semangat!

"Khususnya dampak yang membahayakan seseorang yang sedang berjuang dengan kondisi kesehatan mentalnya.

Ini adalah tanggapan kami terhadap episode dalam @intm_nettv @netmediatama @mastercorbuzier @lunamaya.

Kami bukan bertujuan untuk menebarkan kebencian terhadap INTM atau para juri, namun kami berharap dengan ini kita dapat memulai diskusi dan melihat hal ini sebagai kesempatan untuk belajar lebih mengenai kesehatan mental, depresi, dan gangguan makan.

Kunjungi www.seributujuan.id untuk pelajari lebih lanjut mengenai kesehatan mental," bunyi postingan yang juga disukai oleh Felicia Hutapea itu. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : GridHot.ID

Baca Lainnya