Anggia Kloer, Sekretaris Pribadi Edhy Prabowo Ini Akui Dapat Fasilitas Apartemen dan Mobil dari Eks Menteri Kelautan dan Perikanan

Kamis, 18 Maret 2021 | 15:00
Tribunnews/Danang Triatmojo dan Facebook/Anggia Kloer

Anggia Kloer sekretaris pribadi Edhy Prabowo yang dapat fasilitas istimewa.

Sosok.ID -Anggia Putri Tesalonika Kloer ikut terseret dalam kasus korupsi mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Sosok cantik yang pernah menjadi model itu merupakan sekretaris pribadi (sespri) Edhy Prabowo.

Selain Anggia Kloer, ada nama Fidya Yusri dan Amiril Mukminin yang jadi Sespri Edhy Prabowo.

Terkuaknya dua sespri wanita Edhy Prabowo turut mendapat 'jatah' berawal hakim yang bertanya kepada Amiril soal penggunaan sejumlah uang terkait perkara korupsi.

Baca Juga: Edhy Prabowo Sedia Membusuk di Penjara Demi Masyarakat: Jangankan Dihukum Mati, Lebih dari Itu pun Saya Siap!

"Di sini banyak nama perempuan, ada pembelian mobil, ada yang diinapkan di apartemen, ini uang dari mana?" kata ketua majelis hakim, Albertus Usada, di Pengadilan Tipikor Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Rabu (10/3/2021).

Amiril mengatakan, pembelian mobil untuk Anggia Putri Tesalonika Kloer merupakan perintah langsung dari Edhy Prabowo.

"Ada perintah dari Pak Edhy agar mobil dipakai Anggia, karena Anggia belum punya mobil?" tanya jaksa penuntut umum (JPU) KPK, Siswandhono.

"Betul, pakai uang Bapak yang cash, uang yang di saya," ucap Amiril.

"Apa benar mobil untuk Anggia Putri Tesalonika adalah HRV warna hitam?" tanya hakim.

Baca Juga: Tentang Kelayakan Hukuman Mati untuk Edhy Prabowo dan Juliari Batubara, KPK Beri Jawaban: Kami Memahami Harapan Masyarakat

"Benar," jawab Amiril.

Saat dimintai keterangan sebagai saksi, Anggia pun mengakui menerima fasilitas dari Edhy Prabowo.

Anggia mengungkap hal itu saat menjadi saksi untuk terdakwa kasus dugaan suap izin ekspor benih benih lobster (BBL) atau benur, Direktur PT Dua Putera Perkasa Pratama (DPPP) Suharjito.

"Saya disewakan apartemen sebagai apartemen saya karena tidak punya keluarga di Jakarta, dan saya dari daerah dari Manado, saya disewakan apartemen," ungkap Anggia di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Mendengar jawaban Anggia, Jaksa Penuntut Umum (JPU) kemudian membaca Berita Acara Pemeriksaan (BAP) untuk mengonfirmasi apakah penyewaan apartemen tersebut bersumber dari Edhy Prabowo.

Baca Juga: Edhy Prabowo Tersangka Suap, Prabowo Subianto Murka dan Merasa Dikhianati: Anak yang Diangkat dari Selokan 25 Tahun Lalu, Kok Berlaku Seperti ini

"BAP nomor 8 karena pada saat penyewaan apartemen Amiril sempat mengatakan kepada saya bahwa terkait dengan penyewaan adalah dari bapak. Bapak di sini maksudnya adalah Edhy Prabowo," kata jaksa membacakan BAP.

"Iya," Anggia membenarkan.

Selain apartemen, Anggia juga mengaku diberikan Edhy sebuah mobil Honda HRV warna hitam.

Pemberian mobil itu, kata Anggia, dimaksudkan supaya dirinya tidak perlu menggunakan kendaraan umum sebagai transportasi pergi ke kantor.

Baca Juga: Tak Pernah Akur dan Saling Sindir, Susi Pudjiastuti Pernah Ingatkan Aturan Ekspor Benih Lobster pada Edhy Prabowo Sebelum Ditangkap KPK, 'Lucu, Dia Menteri Tapi Rugikan Nelayan'

"Kendaraan itu pasca saya sembuh Covid-19 bulan awal Oktober, saya dipinjamkan mobil untuk mempermudah dari tempat tinggal ke kantor agar tidak menggunakan kendaraan umum. STNK atas nama Ainul," ucap dia.

Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Tribunnews.com/Danang Triatmojo

Sekretaris Pribadi (Sespri) Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Anggia Tesalonika Kloer

Tak hanya Anggia, Amiril juga mengungkapkan Edhy Prabowo menggunakan uang fee diduga hasil suap untuk membiayai sewa apartemen sekretaris pribadinya bernama Fidya Yusri.

"Kalau Fidya, dia yang mengajukan kepada saya. Dia (Fidya) baru jadi sespri saat itu, lalu dia mengajukan ke pada saya, 'Pak gimana, ya, saya sudah seminggu di sini tinggal di hotel'," ucap Amiril.

"Dia bilang, 'kalau ada kompensasi dari Bapak (Edhy Prabowo), saya mau mengajukan kos atau apa'. Itu pada bulan pertama, lalu saya sampaikan kepada Pak Menteri dan Bapak acc permintaannya."

Amiril lalu mencarikan apartemen terdekat dengan kantor KKP. Lalu, didapatlah apartemen di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Saya carikan lalu dapat di Menteng Park. Apartemen 2 kamar harganya Rp 160 juta per tahun," kata Amiril.

Baca Juga: TNI Sekuat Tenaga Usir Kapal Coast Guard China di Natuna, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Malah Buat Pernyataan Memilukan

Amiril lalu membayar apartemen itu dari uang yang dia peroleh dari Amri.

"Yang bayar apartemen saya secara cash, uangnya dari Amri. Saya juga lapor kepada Pak Menteri," ujar Amiril.

Menurut Amiril, Fidya adalah sekretaris pribadi Edhy Prabowo yang berstatus non-pegawai negeri sipil (PNS).

"Fidya itu bawaan Bapak, posisi sama seperti saya, sespri," kata Amiril.

Sosok Anggia Kloer

Anggia Putri Tesalonika Kloer lahir di Manado pada 15 Agustus 1997, dan merupakan putri pasangan Fernando Kloer dan Lanny Rumpesak.

Kakaknya adalah Ketua DPC Gerindra Manado sekaligus Anggota DPRD Manado, Mona Kloer.

Anggia Putri pernah menggikuti kontes kecantikan sebagai Wakil 1 Lumimuut Minahasa Selatan 2015.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Kritik Rencana Edhy Prabowo Cabut Larangan Bibit Lobster, Presiden Jokowi Singgung Efek Manfaat untuk Negara

Saat itu dia mewakili Dinas Kelautan dan Perikanan Minahasa Selatan (Minsel.)

Anggia pernah menjadi anggota Paskibraka Provinsi Sulut 2014.

Selain itu, Anggia merupakan Juara 1 modeling xpresi party manado post 2015, Miss Celebrity Favorite sosial media 2016.

Anggia Kloer juga mewakili Minahasa Selatan di ajang Nyong dan Noni Sulut 2018 dan terpilih Wakil I pemilihan Noni Sulut.

Editor : Rina Wahyuhidayati

Sumber : tribunnews, Tribun Medan, Tribun Sumsel

Baca Lainnya