Dulu Kaya Raya Saat Masih Wira-wiri Masuk TV, Artis Ini Kini Divonis 18 Tahun Penjara Hingga Buat Istrinya Hampir Gila: Karena Ada Anak-anak

Selasa, 09 Maret 2021 | 08:53
KOMPAS.com/IRA GITA/BAHARUDIN AL FARIS

Dulu Kaya Raya Saat Masih Wira-wiri Masuk TV, Artis Ini Kini Divonis 18 Tahun Penjara Hingga Buat Istrinya Hampir Gila: Karena Ada Anak-anak

Sosok.ID - Bak tersambar geledek, kabar mengejutkan datang dari salah satu artis yang namanya sempat melambung, Zul vokalis band Zivilia.

Sosok penyanyi bersuara khas yang sering disapa, Zul Zivilia itu kejutkan publik dengan kasus hukum yang menjeratnya.

Zul belum lama ini dikabarkan telah divonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara yakni 18 tahun kurungan penjara dan denda Rp 1 miliar.

Vonis tersebut lantara Zul terbukti secara sah bersalah menjadi perantara narkoba golongan satu.

Baca Juga: 14 Hari Berlalu Tapi Masih Ogah Balikkan Uang Rp 5 M Rizky Febian, Pengacara Anak Sule Ancam Teddy Bakal Dipenjara: Kita Lanjut Proses Hukum

Berat barang haram yang dibawa oleh Zul saat tertangkap lebih dari 5 gram.

Oleh karena vonis yang cukup berat tersebut kehidupan rumah tangga penyanyi lagu "Aishiteru" tersebut sempat goyah.

Sang istri, Retno Paradinah bahkan mengakui sempat syok atas apa yang menimpa suaminya termasuk vonis yang cukup berat tersebut.

Bahkan Retno sempat berpikir untuk mengakhiri hubungan rumah tangga dirinya dengan Zul.

Baca Juga: Sudah Dijamin 2 Anggota DPRD dan 1 DPR RI, Bayi 6 Bulan Tetap di Penjara bersama Ibu karena UU ITE

Pemikiran tersebut terbersit lantaran kasus hukum yang menjerat Zul saat itu.

"Itu awal-awal banget (sempat berpikir berpisah dari Zul), tapi ke sini-sini kan... Enggak usahlah ngomongin kayak gitu," kata Retno, Minggu (7/6/2020).

Namun pilihan untuk bercerai dari Zul tersebut dikesampingkan oleh Retno lantaran banyak alasan di baliknya.

Kini pun ia lebih memilih untuk tidak membuat sang suami khawatir atas nasib anak-anaknya saat ini.

Baca Juga: Masa Mudanya Dihabiskan di Balik Jeruji Besi, Pria yang Dipenjara 68 Tahun Ini Syok Saat Pertama Kali Bebas: Saya Melihat Semua Gedung Tinggi

"Yang penting dia tahu anaknya dulu sehat, tahu kitanya dulu sehat, apalagi pas pandemi ini lagi ngeri," ucap Retno.

Lebih mengejutkan lagi, Retno mengakui dirinya sempat hampir terkena gangguan jiwa atau gila saat awal kasus narkoba menjerat suaminya.

Tetapi apa yang dialami Retno itu sedikit terobati saat dirinya melihat senyum dari keluarga terutama anak-anaknya dengan Zul Zivilia.

"Awalnya pikirin itu kayak udah mau gila, cuma karena ada keluarga, anak-anak, jadi pikir kesibukan apa ini yang harus dilakuin," kata Retno.

Baca Juga: Kenang Masa Lalu, Raffi Ahmad Tak Bisa Lupa Pengorbanan Sosok Ini, Rela Dipenjara dan Dipukuli Demi Suami Nagita Slavina Bebas: Nyokap Gue Nangis Dia Meninggal

Namun permasalah tak berhenti di situ saja.

Sejak awal Zul Zivilia dinyatakan bersalah dan harus menjalankan vonis hukuman kurungan, hati Retno selalu gelisah.

Bagaimana tidak? hampir setiap hari anak-anaknya selalu menanyakan keberadaan ayahnya tersebut.

"Sebenarnya tiap hari, cuma kan di rumah juga banyak hiburan, kalau anak udah mulai nanya kita alihin lagi," kata Retno.

Baca Juga: Rela Pasang Badan Gantikan Posisi Raffi Ahmad yang Sudah Kepepet, Inilah Sosok Karyawan yang Ajukan Diri demi Lindungi Sultan Andara Saat Digerebek BNN: Biar Saya Dipenjara Penting Mas Raffi Cepat Keluar

"Sejauh ini paling saya cuma bilang papanya kan bandel makanya dihukum di pesantren makanya jangan bandel," ucap Retno.

"Nanti kalau Papa pulang Yuki udah gede dong, udah kelas segini, paling (saya) ngejelasinnya pakai jari tahun ke berapa. Makanya didoain biar Papa bisa cepat pulang biar bisa kumpul-kumpul lagi," ungkap Retno menirukan perkataan anaknya sambil menahan tangis.

"Saya kalau jelasin itu udah dua malam ini saya nangis mulu sih sebenernya, karena anak-anak sudah mulai ngerti kan, nanya terus," kata Retno.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Tribun Seleb, YouTube

Baca Lainnya