Tunggu Saja China, WHO Akan Umumkan Dimana Pertama Kali Covid-19 Muncul

Sabtu, 06 Maret 2021 | 21:40

Tunggu Saja China, WHO Akan Umumkan Dimana Pertama Kali Covid-19 Muncul

Sosok.ID - WHOmenyelidiki asal-usulvirus corona(covid-19) diWuhan,Chinabeberapa waktu lalu.

Disana tim WHO melakukan penyelidikansekitar 2 minggu.

Mengutip reuters.com, kiniWHOakan merilis laporan hasil penyelidikan lapangan terkait asal-usul munculnyavirus corona(covid-19).

"Temuan misi yang dipimpin WHO ke Wuhan, China untuk menyelidiki asal-usul virus penyebab COVID-19 diharapkan terjadi pada pertengahan Maret," kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat.

Baca Juga: Minta Luna Maya Move On dan Berhenti Meratapi Diri, Denny Darko Terawang Rumah Tangga Reino Barack dan Syahrini yang Makin Bersinar: Sudah Pasti akan Bahagia

"Waktunyatepatnya sekitar 14-15 Maret," tambah Peter Ben Embarek selaku kepala tim pada jumpa pers di Jenewa.

Ben Embarek, pakar penyakitmenular dari hewan ke manusia dari WHO, mengatakan pada akhir misi bulan lalu bahwa virus tersebut kemungkinan berasal dari kelelawar, meski belum diketahui secara pasti bagaimana virus itu sampai ke manusia.

Dia juga secara efektif mengesampingkan kebocoran laboratorium.

Pejabat WHO sebelumnya mengatakan bahwa misi mungkin mengeluarkan laporan ringkasan sebelum temuan lengkapnya siap. Ini tidak lagi direncanakan.

“Apa yang telah dilakukan tim untuk kredit mereka benar-benar bekerja keras untuk mencoba mendapatkan laporan lengkap mereka sehingga kami dapat melakukan diskusi yang tepat seputar laporan lengkap,” kata Mike Ryan, pakar darurat WHO.

Baca Juga: Keringat Sebesar-besar Biji Jagung Basahi Wajahnya, Ariel NOAH Gelagapan Ditanya soal Ini di Depan Luna Maya, sang Vokalis Nyaris Kabur: Gak Tahu!

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus juga menekankan laporan hasil penyelidikan asal-usul virus corona (covid-19) ini akan disajikan secara transparan.
"Saya ingin meyakinkan Anda semua yang terjadi selama perjalanan akan disajikan secara transparan," kata Tedros.

Misi tersebut secara politis diperdebatkan, dengan Washington mengatakan ingin meninjau temuannya dan beberapa kritikus menyarankan aksesnya di China terlalu terbatas.

Baca Juga: Sindir Mulan Jameela? Begini Reaksi Maia Estianty Saat Dengar Pengakuan Dua Sahabat Artis Soal Menikah dengan Satu Pria yang Sama: Gue Sih Bekas Mantan Teman Ogah

Pada Kamis, surat terbuka dari sekelompok ilmuwan mengatakan misi WHO 'tidak memiliki mandat, kemandirian, atau akses yang diperlukan untuk melakukan penyelidikan penuh dan tidak terbatas' ke semua teori tentang asal-usul virus.

Nikolai Petrovsky, seorang ahli di Universitas Flinders di Adelaide, Australia, salah satu penulis surat itu, mengatakan pada hari Jumat bahwa meskipun tim yang dipimpin WHO telah mengunjungi China, dunia tidak lebih dekat untuk mengetahui asal-usul COVID-19.

Namun, Chen Xu selaku duta besarChinauntuk PBB di Jenewa mengatakan bahwa tim yang dibentukWHOdengan peneliti diChinabukanlah untuk melakukan penyelidikan melainkan untuk penelitian ilmiah.(*)

Sumber : Grid Hype

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : Grid Hype

Baca Lainnya