Masing-masing Kerahkan Pasukan yang Jumlahnya 'Belum Pernah Terjadi Sebelumnya', Kini Inilah Perbandingan Kekuatan Militer China dan India, Siapa Memimpin?

Senin, 07 Desember 2020 | 05:35
Tribun Pontianak

ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan India

Sosok.ID - Ketegangan masih berlangsung antara China dan India, seperti apa perbandingan kekuatan militer China dan India kini?

Dua negara ini telah berkonflik sejak lama, namun ketegangan kembali memuncak beberapa waktu lalu, tepatnya pada bulan Juni, ketika setidaknya 20 tentara India terbunuh dalam pertempuran tangan kosong di Lembah Galwan.

Sementara China saat itu tidak mengungkapkan korbannya.

Melansir South China Morning Post (4/12/2020), Menteri luar negeri India telah memperingatkan bahwa pembicaraan perbatasan dengan China dapat berlangsung selama bertahun-tahun dan Beijing harus mengambil "pandangan panjang" dari sengketa tersebut.

Baca Juga: Seperti Apa Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS? Meski Bersabar Tak Buru-buru Lakukan Balas Dendam, Rupanya Iran Punya Rencana yang Lebih Besar

Dalam wawancara dengan surat kabar The Hindu, Menteri Urusan Luar Negeri Subrahmanyam Jaishankar mengibaratkan situasi saat ini seperti kebuntuan antara kedua negara dalam krisis Sumdorong Chu pada tahun 1986.

Krisis yang membutuhkan waktu sembilan tahun untuk menyelesaikannya.

Selama krisis Sumdorong Chu, India memindahkan lebih dari 10 divisi tentara dan beberapa skuadron angkatan udara ke bagian timur dari Garis Kontrol Aktual (LAC) yang disengketakan.

Dengan China melakukan latihan militer terbesar sejak perang perbatasan tahun 1962 di wilayah tersebut.

HALAMAN SELANJUTNYA>>>

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya