China Kembali Keluarkan Trik Jebakan Utang, Negara Kecil Kaya Sumber Daya di Asia Tenggara Ini Pasrah Serahkan 'PLN' Miliknya karena Gagal Bayar Utang

Minggu, 29 November 2020 | 19:35
BBC

Presiden China Xi Jinping

Sosok.ID - Upaya China untuk menguasai dunia dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan jebakan utang.

China menjebak negara-negara yang lebih kecil dengan meminjamkan sejumlah besar uang yang tidak akan sanggup mereka bayar.

Dengan caranya itu, China dituduh memanfaatkan pinjaman besar-besaran agar dapat merebut aset dan membangun pangkalan militer di negara-negara kecil dunia ketiga.

Negara-negara, mulai dari Asia hingga Afrika, merupakan daftar panjang negara yang berada di bawah perangkap utang yang dipasang oleh China.

Baca Juga: Dengar Kalimat Rayuan Berulang Kali, Kicauan Burung Beo Sukses Bongkar Perselingkuhan Suami dan Pembantu, Istri Terbengong-bengong Pas Tahu Kalimat yang Dimaksud

Bukan sekadar perkiraan, nyatanya memang sudah ada negara yang menunggak hutang dan dipaksa untuk menyerahkan kendali aset negaranya atau harus mengizinkan China untuk membangun pangkalan militer di negara tersebut.

Ada yang menyebut upaya licik China ini sebagai "diplomasi jebakan utang" atau "kolonialisme utang."

Para analis mengatakan, proyek BRI andalan China, yang diumumkan pada 2013, benar-benar merupakan upaya untuk memperluas pengaruh Beijing di seluruh dunia melalui cara yang adil dan curang.

Proyek tersebut telah menjadi proyek kebijakan luar negeri yang menjadi ciri khas pemimpin tertinggi Tiongkok Xi Jinping.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya