Blak-Blakan Diungkap Media Inggris, Inilah 7 Jenderal Indonesia yang Pernah Dituduh Oleh PBB Lakukan Kekejaman di Timor Leste, Salah Satunya Punya Nama Besar Ini

Jumat, 27 November 2020 | 17:35
Kolase/Intisari

Sosok Jenderal Indonesia yang pernah Dituduh PBB melakukan kejahatan di Timor Leste.

Sosok.ID-Pada tahun 1975, Indonesia menginvasi Timor Timur (sebelum berganti menjadi Timor Leste), melakukan pencaplokan pada wilayah bekas penjajahan Potugis.

Setelah 24 tahun melakukan perjuangan, rakyat Timor Leste menyerukan kemerdekaan pada tahun 1999.

Namun, seruan kemedekaan itu diwarnai pertumpahan darah oleh milisi pro-Indonesia di mana lebih dari 1.000 orang, diperkirakan tewas.

Dakwaan PBB mengatakan milisi tersebut bertindak dengan dukungan militer Indonesia.

Baca Juga: Vladimir Putin Senang Bukan Main, Rusia Klaim Memiliki Senjata Dahsyat Baru dan Tak Tertandingi' di Dunia, Mampu Luluh Lantahkan Kota-kota di Amerika Jika Perang Nuklir Pecah

Hingga kemudian, PBB juga melakukan referendum pemungutan suara untuk menentukan kemerdekaan Bumi Lorosae.

Tahun 2002 dilakukan referendum untuk menegaskan keinginan rakyat Timor Leste, memilih merdeka atau berada di bawah Indonesia.

Rakyat Timor Leste memilih utuk merdeka, hal itu membuat wilayah itu dinyatakan sebagai sebuah negara yang berdiri sendiri.

Namun, meski telah merdeka kerugian besar dialami Timor Leste, invasi Indonesia meninggalkan kerusakan dan kematian yang cukup besar.

Halaman Selanjutnya............

Editor : Intisari Online

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya