50.000 Senjata Rahasia Tiongkok di Laut China Selatan, Mungkinkah yang Terhenat dari Beijing Bukan Militernya?

Selasa, 24 November 2020 | 11:35
National Interes

Ilustrasi pelaut China

Sosok.ID- Laporan pada 2014 di Reuters membuka wawasan 50.000 Senjata Rahasia Tiongkok di Laut China Selatan

Mungkin saja senjata terhebat Beijing bukanlah militernya, lantas apa?

Laporan tersebut merincikan panjang lebar strategi multi-cabang China untuk menegaskan klaim maritimnya melalui penangkapan ikan di berbagai wilayah Laut China Selatan yang menjadi sengketa.

Ini adalah diplomasi tiang pancing.

Baca Juga:Ngerinya Covid-19, Peneliti Syok Temukan Kondisi Jenazah Korban Covid-19 yang Dibongkar Lagi, Ada Organ yang 'Rusak' Karena Covid-19

Tidak ada yang lebih mengatakan "kedaulatan" selain melakukan hal-hal normal yang dilakukan suatu negara di wilayahnya sendiri, seperti memancing.

Strategi China sebagian jenius, tetapi juga menyiapkan panggung untuk konfrontasi dengan kekerasan dengan tetangganya di Laut China Selatan.

Ini tentu saja di atas menerbitkan peta yang menarik sembilan atau sepuluh garis putus-putus di sekitar area dan mengklaimnya langsung, menempatkan rig minyak dari garis pantai penuntut saingan, serta menciptakan militer kelas dunia dengan anti-akses / area- yang kuat.

Kemampuan penolakan (A2 / AD) untuk mencegah musuh yang jauh lebih kuat untuk tetap berada di luar wilayah jika terjadi krisis.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya