Memalukan, Amerika Ditolak Mentah-mentah Oleh Negara Tetangga Indonesia untuk Dirikan Pangkalan Militer di Sekitar Perairan Natuna, Ini Sebabnya, 'Mungkin Mereka Melatih Cara Berpikir'

Jumat, 20 November 2020 | 09:35
Google Maps via GridHot.ID

Laut China Selatan.

Sosok.ID -Analis maritim Asia telah dibuat geger dengan proposal Washington mendirikan pangkalan militer di Singapura, negara tetangga Indonesia.

Banyak yang tidak habis pikir dengan gagasan Amerika tersebut.

Para ahli tersebut menyebutnya sebagai 'balon percobaan' yang dilakukan oleh administrasi Trump, satu hal yang justru dianggap mereka gagal total ke depannya.

Baca Juga: Sudah Bunuh Jenderal Iran Qasem Soleimani, Trump Kini Mau Serang Fasilitas Nuklir Iran, Perang Terbuka Antara 2 Negara Makin Tak Terhindarkan

Hal ini karena proposal itu tidak akan mendapat dukungan dari negara-negara Asia, atau ditindaklanjuti oleh Joe Biden di pemerintahannya selanjutnya.

Lantas apa penyebab negara Asia tidak suka dengan pendekatan AS ini, jika negara Asia juga memerlukan AS untuk menangkal kekuatan China yang terus tumbuh di Asia-Pasifik?

Tentunya secara logis menempatkan musuh China di tempat strategis menjadi salah satu cara yang bisa menangkal kekuatan China menguasai perairan strategis Laut China Selatan.

Namun rupanya, bagi para pakar, keberadaan pangkalan militer AS permanen di wilayah itu justru membuat suasana semakin kacau.

Keberadaan pangkalan militer misal di Singapura atau di Natuna justru akan sebabkan Beijing lebih marah.

Halaman Selanjutnya

Editor : Intisari Online

Sumber : south china morning post

Baca Lainnya