Sedikit Aneh Tapi Nyata Adanya, Keripik Kotoran Sapi Penangkal Radiasi Ponsel, Mau Coba?

Senin, 19 Oktober 2020 | 15:45
kompas.com

Ilustrasi sapi

Sosok.ID - India, menggemparkan publik dengan kemunculan keripik dari kotoran sapi.

Keripik tersebut dikatakan memiliki manfaat untuk menangkal radiasi ponsel.

Dilansir dari Oddity Central, ketua badan federal di bidang peternakan di India, Vallabhbhai Kathiria baru-baru ini mempromosikan produk tersebut.

Selain mengurangi radiasi ponsel, 'keripik' kotoran sapi disebut mampu melindunggi pengguna dari penyakit.

Ya, ini bukanlah produk makanan. Penggunaan keripik kotoran sapi yakni ditempelkan, bukan dimakan.

Baca Juga: Minum Air Seni dan Mandi Kotoran Sapi Selama 21 Tahun, Ratusan Penduduk di India Percaya Tak Akan Tertular Virus Corona, Sampai Dibuat Pesta Khusus Mabuk Air Seni

Sebutan keripik diduga karena bentuknya kotak seperti keripik, namun tebal.

Dinamakan 'Gausatva Kavach', serpihan kotoran sapi ini dibuat oleh Shrijee Gaushala (tempat penampungan sapi) yang berbasis di Rajkot sebagai bagian dari inisiatif untuk mempromosikan produk kotoran sapi.

Tujuannya adalah agar 500 gaushalas menghasilkan serpihan kotoran anti-radiasi, yang harganya antara Rs. 50 (Rp 10 ribu) dan Rs. 100 (Rp 20 ribu).

Melalui Rashtriya Kamdhenu Aayoghe (RKA), badan federal di bidang peternakan, Pemerintah India ingin mempopulerkan keripik kotoran sapi di India, tetapi juga menjual produknya ke luar negeri, termasuk di Amerika Serikat.

Baca Juga: Media Australia Sebut Penyembelihan Sapi Saat Idul Adha di Indonesia Sangat 'Barbar' dan Tidak Manusiawi

“Kotoran sapi itu anti radiasi. Jika Anda membawa pulang ini dan meletakkannya di telepon Anda, itu (telepon) akan menjadi bebas radiasi,” kata ketua RKA Vallabhbhai Kathiria dalam konferensi pers.

“Anda dapat menguji keefektifannya di laboratorium mana pun dan bahkan di perguruan tinggi," lanjutnya.

Para ilmuwan mempermasalahkan pernyataan pejabat India itu, mengatakan bahwa tes ilmiah yang ketat, termasuk studi peer review, akan diperlukan untuk membuktikan kualitas penyerap radiasi dari kotoran sapi.

Baca Juga: Tua-tua Keladi, Ketangkap Basah Sedang Perkosa Sapi Tetangga, Kakek Ini Ngaku Cuma Iseng : Teman Bilang Rasanya Enak Makanya Saya Coba Juga

ANI via Oddity Central

heboh chip kotoran sapi.

Banyak umat Hindu percaya bahwa produk sampingan sapi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, tetapi sebagian besar klaim masih belum teruji oleh sains modern.

Itu tidak menghentikan orang-orang seperti Kathiria untuk mempromosikan kotoran sapi sebagai produk ajaib.

“Kotoran sapi akan melindungi semua orang, ini anti radiasi.. Telah dibuktikan secara ilmiah… Ini adalah chip radiasi yang dapat digunakan pada ponsel untuk mengurangi radiasi.

Baca Juga: Kepengin Punya Stamina Oke di Ranjang, Pria Ini Konsumsi Obat Kuat untuk Sapi, Alat Vitalnya Malah 'Kaku' 3 Hari Sampai Harus Dilarikan ke RS

"Itu akan diamankan dari penyakit, ”katanya kepada kantor berita ANI.

Jika terobosan ini benar, makan Anda tidak perlu khawatir tentang radiasi ponsel cerdas, tidak perlu membeli topi timah atau stik USB anti-5G yang mahal.

Karena Anda bisa mendapatkan chip kotoran sapi bisa didapatkan dengan harga kurang dari satu dolar. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Oddity Central

Baca Lainnya