Dapat Julukan 'Lord Luhut', Rupanya Karir Luhut Binsar Pandjaitan Malang Melintang di TNI, Disebut Paling Berbakat di Kopassus Hingga Jadi Pemimpin Pasukan Elit TNI Paling Misterius di Indonesia

Selasa, 06 Oktober 2020 | 21:35
kompas.com

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kuliah umum kepada ratusan perwira TNI, di Jakarta, Rabu (8/7/2020). (Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Sosok.ID -Banyak yang tak tahu jika Luhut Binsar Panjaitan merupakan prajurit pilihan di pasukan elite TNI AD, Kopassus.

Waktu itu, Luhut Binsar Panjaitan merupakan satu di antara prajurit Kopassandha (sekarang Kopassus) yang paling berbakat.

Ya Luhut Binsar Panjaitan menjadi Komandan pertama Sat-81 Gultor, satuan khusus penanggulangan teror yang dimiliki oleh Korps Baret Merah.

Baca Juga: Rusia Sampai Belingsatan Tahu Kapal Ini Masuki Laut Hitam, Rupanya Bukan Kapal Sembarangan! 'Ini Kapal Perang Tercanggih di Dunia'

Sempat mengenyam menimba ilmu dengan GSG-9 pasukan penanggulangan teror Jerman bersama Prabowo Subianto, Luhut Binsar Panjaitan kemudian dipercaya menjadi komandan pertama Sat-81.

Namun siapa sangka nasib Luhut Panjaitan apes, karirnya di militer tak sebagus Prabowo Subianto yang notabene adalah wakilnya di Sat-81.

Bahkan untuk menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Luhut Binsar Panjaitan tak bisa meraihnya.

Satu di antara penyebab karir militernya seolah tersendat yakni kedekatan dirinya dengan Jenderal Leonardus Benyamin Moerdani alias Benny Moerdani.

Luhut Binsar Panjaitan merupakan satu diantara orang kepercayaan Benny Moerdani, bahkan dirinya disebut sebagai Golden Boys-nya Benny.

Halaman Selanjutnya

Editor : Intisari Online

Sumber : Tribun Jambi