Militernya Makin Kondang! China Luncurkan Roket Lintas Laut dengan 9 Satelit Baru untuk Konstelasi Penginderaan Jauh

Rabu, 16 September 2020 | 13:42
Foto: Xinhua

Roket Long March-11 yang membawa sembilan satelit untuk konstelasi penginderaan jauh Jilin-1 lepas landas pada Selasa (15/9/2020) pagi waktu setempat.

Sosok.ID - Militer China memulai tiga hari peluncuran roket lintas laut di Laut Kuning.

Pasukan juga melakukan latihan tembak-menembak di bagian selatan jalur air dari pukul 8 pagi hingga 6 sore pada Selasa hingga Kamis, kata administrasi keselamatan maritim.

Berita tentang manuver militer datang saat China menyelesaikan peluncuran ruang angkasa keduanya dari platform terapung di Laut Kuning.

Melansir South China Morning Post, Roket Long March-11 yang membawa sembilan satelit untuk konstelasi penginderaan jauh Jilin-1 lepas landas pada Selasa (15/9/2020) pagi waktu setempat.

Baca Juga: Buntut Coast Guard China Terobos Natuna Utara, Kemenlu Negeri Tirai Bambu Angkat Bicara

Militer China telah memulai tiga hari peluncuran roket lintas laut di Laut Kuning, menurut pemberitahuan resmi.

Peluncuran akan berlangsung setiap pagi antara pukul 7.30 dan 11.30 dari Selasa (15/9) hingga Kamis (17/9) di bagian selatan jalur air, di lepas pantai provinsi timur Shandong, menurut pernyataan oleh Administrasi Keselamatan Maritim Lianyungang.

Tidak ada kapal non resmi yang diizinkan masuk ke bagian Laut Kuning itu, yang terletak di antara daratan Cina dan semenanjung Korea, selama peluncuran, katanya.

Baca Juga: Indonesia Jadi 1 dari 6 Negara yang Diundang Jadi Pengamat di Latihan Militer Akbar Kavkaz-2020 Rusia, China Datang sebagai Peserta

Dalam pemberitahuan sebelumnya, pemerintah mengatakan militer akan melakukan latihan tembak-menembak di daerah selatan Laut Kuning pada hari Selasa, Rabu dan Kamis, dari pukul 8 pagi hingga 6 sore setiap hari.

Pemberitahuan terpisah yang dikeluarkan oleh Administrasi Keselamatan Maritim Shanghai mengatakan puing-puing dari penguat tahap pertama roket yang berlayar di laut diperkirakan akan jatuh ke Laut China Timur, di lepas pantai kota besar itu.

Pengumuman peluncuran roket datang setelah media pemerintah China melaporkan bahwa negara tersebut menyelesaikan peluncuran luar angkasa lintas laut keduanya.

Baca Juga: Coast Guard China Kembali Berulah, Duduki Wilayah Natuna Utara dan Enggan Diperingatkan Bakamla, Hingga Buat TNI AL Serta Kemenlu Turun Tangan, Ini Videonya!

Roket Long March-11 lepas landas dari platform terapung di Laut Kuning di lepas pantai Shandong pada Selasa pagi, tabloid Global Times melaporkan.

Roket itu membawa sembilan satelit baru untuk konstelasi penginderaan jauh Jilin-1, katanya.

China melakukan peluncuran ruang angkasa pertama di Laut Kuning pada Juni tahun lalu.

Empat lokasi peluncuran roket lainnya berlokasi di kota Jiuquan, Taiyuan, Xichang, dan Wenchang.

Baca Juga: Bikin China Kebakaran Jenggot, PLA SiapTerjun Habisi Negara yang Ikut Campur, Beijing: AS Nggak Ngaca!

Beijing sebelumnya mengatakan pihaknya berencana untuk melakukan setidaknya tiga peluncuran lintas laut menggunakan roket Long March-11 pada tahun 2020.

Adapun laporan Global Times mengatakan peluncuran hari Selasa berasal dari kapal baru yang akan membantu membuka jalan bagi misi yang lebih sering di masa depan. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : South China Morning Post

Baca Lainnya