Misteri Senapan Jiplakan China dari Militer AS, Tidak Pernah Dikeluarkan untuk PLA namun Muncul di Perang Saudara Suriah dan Sudan, Kok Bisa?

Minggu, 16 Agustus 2020 | 13:35
National Interest

Misteri Senjata Jiplakan China

Sosok.ID - Beberapa senjata ada di mana-mana sehingga mereka diproduksi bahkan di negara-negara yang mungkin tidak terkait dengannya.

Salah satu contohnya adalah seri senapan M16.

Dalam pelayanan dengan Militer AS selama lebih dari lima puluh tahun, telah jatuh ke tangan banyak kelompok yang pada awalnya tidak memproduksinya.

Seperti Viet Cong, gerilyawan komunis di Filipina, dan sekarang ISIS.

Namun, hanya satu dari musuh potensial Amerika yang mengambil langkah untuk membuat M16 mereka sendiri: China.

Baca Juga:India Punya Bom Nuklir, Tapi Tak Didefinisikan Sebagai 'Tenaga Nuklir,' Kok Bisa? Simak Juga Posisi Pakistan yang Dapat Pasokan Nuklirnya dari China

Perang Dingin menyaksikan sejumlah besar senapan gaya M16 dikeluarkan untuk sekutu Amerika di seluruh dunia, dari Angkatan Darat Vietnam Selatan hingga Pasukan Pertahanan Israel.

Setelah Perang Vietnam, Republik Rakyat Tiongkok mulai memproduksi sejumlah senjata kecil Amerika yang memainkan peran penting dalam perang tersebut.

Senapan tempur M14, senapan serbu M16, dan pistol kaliber M1911 45 semuanya mulai diproduksi, kemungkinan besar merupakan hasil dari salinan senjata yang diserahkan oleh Tentara Rakyat Vietnam yang menang pada tahun 1975 kepada sekutu China mereka.

Salinan senapan M16A1 Cina, CQ, adalah senjata aneh.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online