Peduli Setan dengan Militer China, India dan Filipina Siap Ambil Tindakan Keras Jaga Kedaulatannya dari Rongrongan Sang Naga

Rabu, 08 Juli 2020 | 18:13
newsline.ph

Peduli Setan dengan Militer China, India dan Filipina Siap Ambil Tindakan Keras Jaga Kedaulatannya dari Rongrongan Sang Naga

Sosok.ID - Kali ini China harus benar-benar waspada terhadap kemarahan India dan Filipina.

Sebab dua negara yang diusik oleh China tersebut bakal mengambil tindakan keras untuk jaga kedaulatannya atas klaim Nine Dash Line negeri Panda.

Karena tak ada yang lebih menakutkan jika seseorang berangkat ke medan perang untuk cari mati.

Filipina dan India kemungkinan besar akan menjalin kerjasama untuk melawan sikap agresif China di Laut China Selatan.

Baca Juga: Dijadikan Madu Salah Satu Anggota Keluarga Cendana, Artis Cantik Ini Harus Terima Nasib Jadi Janda di Usia 20 Tahun Gegara Istri Pertama Tak Sudi Dipoligami

MelansirThe EurAsia Times, Menteri Pertahanan Filipina menyatakan bahwa India telah mengomunikasikan keinginannya untuk melakukan kegiatan navigasi di Laut China Selatan seperti AS, Inggris, dan lainnya untuk menjaga keseimbangan kekuatan di kawasan tersebut.

The EurAsia Timesdalam laporannya menulis bahwa Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan navigasi di Laut China Selatan terbuka untuk semua negara.

“Kami tidak mencegah negara lain melewati atau melakukan hal-hal di sana di Laut China Selatan. Inggris memang melewati Laut China Selatan. Prancis, dan semua negara lain. Kami tidak mengundang mereka untuk datang,” katanya, seraya menambahkan India juga dapat hadir di daerah tersebut.

Lorenzana lebih lanjut menegaskan bahwa latihan angkatan laut China di Laut China Selatan adalah penyebab kekhawatiran sejumlah negara.

Baca Juga: Sampai Gadaikan Ponsel untuk Makan, Mendadak Komedian Ini Minta Tolong Sule Lunasi Utang Rp 40 Juta, Ngaku Sudah Mondar-mandir Cari Pinjaman, Ayah Rizky Febian Pasrah

Sementara itu, menteri luar negeri Filipina sebelumnya telah memperingatkan China pada hari Jumat tentang "balasan terberat" jika latihan angkatan laut Tiongkok yang sedang berlangsung di Laut China Selatan meluas ke wilayah Filipina.

Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr mengatakan pasukan PLA China telah melakukan latihan rutin di Kepulauan Paracel dan para pejabat China telah memblokir semua kapal untuk melakukan navigasi di dalam area manuver.

Baca Juga: Mayat Manusia Dibuang Layaknya Bangkai Hewan, Heboh Video Petugas Medis Ber-APD Lengkap Tinggalkan Jasad Pasien Positif Covid-19 di Trotoar, Aksinya yang Terekam Kamera CCTV Viral

Setelah memeriksa koordinat zona larangan masuk Tiongkok yang dinyatakan sebagai tempat latihan dilakukan, Locsin mengatakan perairan di lepas pantai Paracels, yang juga diperebutkan oleh tetangganya Vietnam, tidak melanggar wilayah Filipina. Meski demikian, hal itu masih memicu kecemasan.(*)

Artikel ini pernah tayang di Kontan dengan judul "India dan Filipina siap lawan sikap agresif Tiongkok di Laut China Selatan"

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : kontan

Baca Lainnya