Berharap Dapat Batu Malah Diberi Berlian, Niat Cari Palu yang Hilang, Petani Ini Justru Temukan Harta Karun dari Zaman Romawi Bernilai Rp 53 Miliar

Kamis, 09 Juli 2020 | 06:13
Pixabay

Ilustrasi - Niat cari palu yang hilang, pria ini malah temukan harta karun.

Sosok.ID - Siapa yang bisa menolak bila menemukan harta karun.

Apalagi bila harta karun itu ditemukan secara tidak sengaja dan tanpa diduga-duga.

Tentunya bagaikan ketiban durian runtuh.

Seperti yang dialami oleh seorang petani asal Inggris ini.

Baca Juga: Pantas Saja Diincar China, Natuna Utara Ternyata Simpan Gunungan Harta Karun, Indonesia Sampai Rubah Peta untuk Pukul Mundur Xi Jinping dan Pasukannya

Berawal dari ketidaksengajaan,ia tak sengajamenemukan harta karunketika sedang mencari palu yang hilang.

Menurut Curioushistori, kisahnya terjadi pada 1992 di mana seorang petani asal Inggris beranam Eric Lawes ini sedang mencarikan palu temannya, Peter Whatling, yang hilang.

Dengan bantuan detektor logam, Lawes mulai mencari palu tersebut.

Hingga kemudian dia berhenti di suatu tempat karena detektor logam mendeteksi ada logam di bawah tanah.

Baca Juga: Bertahun-tahun Dibohongi oleh sang Suami yang Selalu Ngeluh Tak Punya Uang, Wanita Ini Justru Ketiban Rezeki Nomplok Usai Bongkar Tangga Rumahnya, Terkuak Harta Karun yang Selama Ini Disembunyikan Pasangannya

Kemudian, Lawes mulai menggalinya dan siapa sangka dia malah menemukan benda-benda berserakan yang terbuat dari emas dan perak dari galiannya.

Menurut keterangan, benda tersebut memiliki bobot hampir 60 pon yang berisikan 15.234 koin Romawi, dan 200 benda emas dan perak.

Usai penemuan yang menggegerkan itu, Whatling dan Lawes dengan cepat melaporkan penemuan ini.

Mereka berhenti menggali dan memberi tahu otoritas polisi, Suffolk Archaeological Society, dan pemilik tanah.

Baca Juga: Peternak Ayam Wajib Curiga, Wanita Ini Punya Indukan Super Gembul Umur Bangkotan Tak Kunjung Bertelur, Saat Disembelih Perutnya Berisi Harta Karun, Wah Auto Tajir!

Daily Mirror/Curioushistori
Daily Mirror/Curioushistori

Peter Whatling dan Eric Lawes penemu harta tersebut.

Peneliti yang datang untuk melihat langsung temuan itu.

Mereka mengatakan bahwa benda ini berasal dari tahun 410 M, saat Inggris berpisah dengan Kekaisaran Romawi.

Selama pergolakan di mana Saxon, Angles, Picts, Visigoths, dan Hunnics menyerbu daratan Eropa, orang-orang kaya dari warga Roma-Inggris mengubur barang-barang mereka yang paling berharga sehingga tidak ada yang menemukan mereka.

Penemuan harta ini dikreditkan sebagai kisah Hoxne Hoard.

Baca Juga: Dianggap Omong Kosong Saat Mengaku Telah Menemukan Jalan Rahasia Menuju Gudang Harta Karun, Tukang Selokan Ini Sanggup Buat Seorang Direktur Bank Jadi Kicep Usai Buktikan Kebenarannya

Hoxne Hoard, dipresentasikan sebagai salah satu penemuan terbesar dari harta karun Romawi kuno yang pernah ada.

Temuan ini begitu penting dan menarik perhatian British Museum, mereka juga bersedia membayar temuan ini dengan harga sekitar 3,8 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 53 miliar.

Namun, karena harga yang terlalu mahal pada saat itu, pihak museum sampai meminta bantuan dari National Art Collection Fund, untuk menebus temuan itu.

Hingga hari ini, harta bersejarah itu masih dipajang dan dipamerkan di British Museum, bersama dengan palu milik Whatling.

Baca Juga: Pulau Ini Diyakini Menyimpan Harta Karun Senilai Rp 14 Triliun, Tapi Jangan Harap Bisa Mengambilnya Sesuka Hati karena Ada Rintangan yang Sudah Menanti

Menurut penelitian, barang-barang yang ditemukan di Hoxne Hoard beberapa di antaranya adalah benda pribadi.

The Guardian/Curiosuhistori
The Guardian/Curiosuhistori

Palu milik Peter Whatling juga disimpan di British Museum.

Beberapa benda ini terdapat nama seperti misal 'Aurelius Ursicius' kemudian ada gelang emas tertulis nama Utere Felix Domina Luliana'.

Sampai saat ini peneliti belum bisa menyimpulkan siapa nama-nama tersebut, namun selera perhiasan mereka dikatakan sangat luar biasa, dan terlampau mewah.

(Afif Khoirul M)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Cari Palu yang Hilang, Petani Ini Malah Temukan Harta Karun Romawi Senilai Rp53 Miliar

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : intisari online

Baca Lainnya