Ready To War! Tak Mau Berpangku Tangan Kepada Amerika, Taiwan Luncurkan Deretan Mesin Perang Canggih untuk Hadapi Agresivitas China

Selasa, 02 Juni 2020 | 17:13
Newsweek

Ready To War! Tak Mau Berpangku Tangan Kepada Amerika, Taiwan Luncurkan Deretan Mesin Perang Canggih untuk Hadapi Agresivitas China

Sosok.ID - Taiwan sedang berada di depan mulut Si Naga Asia China.

Bahkan, China sudah menyatakan akan mengambil kembali Taiwan dengan cara kekerasan bersenjata.

Tentu pernyataan Beijing ini menjadi pelecut Taiwan agar segera menata pertahanan sekuat mungkin karena militer China terlalu digdaya.

Taiwan diperkirakan akan menugaskan kapal patroli lepas pantai seberat 4.000 ton di awal tahun depan untuk memperkuat wilayahnya di Laut China Selatan yang disengketakan.

Baca Juga: Polisi Tewas Ditebas Pedang Samurai, Pelaku Nyatanya Masih Remaja Labil

Wilayah ini telah menjadi hot spot di tengah meningkatnya konfrontasi di wilayah tersebut antara China daratan dengan Amerika Serikat.

Melansir South China Morning Post, Taiwan juga akan memulai produksi pesawat pelatihan lanjutan pada awal tahun depan setelah menyelesaikan uji terbang pada akhir bulan ini.

Taiwan berusaha meningkatkan pelatihan pilot angkatan udara dalam menghadapi permusuhan dari China daratan yang kian memanas.

Menurut para ahli, pesawat udara dan laut yang dikembangkan di dalam negeri dapat dengan cepat diubah menjadi sistem pertahanan selama masa perang untuk membantu melindungi pulau itu.

Baca Juga: Di Hadapan Mantan Suami yang Juga Bapak dari Mempelai Pria, Emak-emak 62 Tahun Nikahi Anak Kandungnya yang Masih Berusia 9 Tahun karena Terlalu Cinta

Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsi yang harus dikembalikan ke daratan, dengan paksa jika perlu.

Mereka telah mengadakan serangkaian latihan perang di sekitar Taiwan dan menangguhkan pertukaran lintas-selat resmi sejak Tsai Ing-wen, dari Partai Progresif Demokratik yang berpihak pada kemerdekaan, terpilih sebagai presiden pada tahun 2016 dan menolak untuk menerima prinsip satu-China.

Tsai, yang memenangkan masa jabatan empat tahun kedua dalam kemenangan besar dalam pemilihan presiden Januari, bersumpah dalam pelantikannya pada 20 Mei untuk meningkatkan kemampuan industri pertahanan pulau itu untuk membangun senjatanya sendiri dan meningkatkan kemampuan pertahanannya dalam menghadapi ancaman dari Beijing.

focustaiwan.tw
focustaiwan.tw

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (kedua dari kanan) saat meninjau kesiapan militer negaranya

Pada hari Selasa, ia diperkirakan akan meluncurkan kapal patroli kelas-tonase-kelas CG-160 yang dikelola oleh Administrasi Coastguard Administrasi Tiongkok dalam sebuah upacara di kawasan pembuatan kapal CSBC di kota pelabuhan selatan Kaohsiung.

Baca Juga: Ebola, Infeksi Virus Paling Mematikan Kembali Muncul di Tengah Pandemi Covid-19, WHO: Ancaman Kesehatan Kita Bukan Hanya Corona

"Setelah kapal diluncurkan, kami akan melakukan berbagai macam pengujian fasilitas dan peralatan kapal sebelum mengirimkannya ke Administrasi Coastguard Nasional pada akhir tahun ini," jelas Wei Cheng-tzu, wakil presiden eksekutif CBSC kepada South China Morning Post.

Kapal ini merupakan salah satu dari empat kapal yang sedang dibangun oleh CBSC dengan biaya NT$ 10,44 miliar (US$ 347 juta).

Menurut Wei, tiga lainnya akan dikirimkan pada tahun 2025.

CBSC mengatakan, lambung kapal dirancang dengan peralatan senjata, termasuk roket 2,75 inci yang mampu menyerang target dalam jarak 10 km (enam mil), yang dikembangkan oleh Institut Sains dan Teknologi Chung-shan - pengembang senjata top Taiwan.

Baca Juga: Ngamuk di Rumah Sakit, Keluarga Nekat Bawa Paksa Jenazah PDP, Ngotot Kerabatnya Tak Meninggal karena Covid-19

Kapal itu juga akan dilengkapi dengan senapan mesin berat kaliber 20 mm, menara meriam dan senjata lainnya, di samping fasilitas medis yang dapat digunakan sebagai rumah sakit lapangan di masa perang dan untuk penyelamatan kemanusiaan di waktu lain, kata para pejabat.

Menurut penjaga pantai, kapal patroli berat itu juga akan dilengkapi dengan helipad yang dapat mengakomodasi helikopter Black Hawk yang dioperasikan oleh Korps Layanan Lintas Udara Nasional Kementerian Dalam Negeri Taiwan, serta helikopter Sikorsky yang dioperasikan oleh angkatan lautnya.

Menurut CBSC, kapal itu diharapkan mulai beroperasi tahun depan, mungkin sebelum April.(*)

Artikel ini pernah tayang di Kontan dengan judul "Ancaman dari Beijing meningkat, Taiwan akan kerahkan kapal perang canggih"

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : kontan

Baca Lainnya