Aneh, Pejabat Malaysia Sebut Kasus Virus Corona di Sana 70 Persen Gegara Orang Indonesia, Kok Bisa?

Selasa, 28 April 2020 | 12:13
Tangkapan layar the Star TV

Aneh, Pejabat Malaysia Sebut Kasus Virus Corona di Sana 70 Persen Gegara Orang Indonesia, Kok Bisa?

Sosok.ID - Kementerian Kesehatan Malaysia menyebutkan, sebagian besar kasus Virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di Malaysia berasal dari Indonesia.

Berdasarkan data yang dilaporkan Kementerian Kesehatan Malaysia (Kementerian Kesihatan Malaysia), sebanyak 71,22 persen kasus baru pasien Covid-19 berasal dari Indonesia.

Salah satu Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan pada hari Minggu (26/4/2020), 12.672 orang yang kembali dari luar negeri telah menjalani test Covid-19.

Dari jumlah tersebut, 139 orang dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga: Satu-satunya Menteri yang Tertular Covid-19, Budi Karya Sumadi Sempat Koma 14 Hari Setelah Dinyatakan Positif Virus Corona, Begini Keadaannya Sekarang!

Dari 139 orang yang positif Virus Corona itu, sebanyak 99 orang di antaranya (71,22 persen), datang dari Indonesia.

Ke-139 orang tersebut baru saja melakukan perjalanan ke sejumlah negara, dan sebagian besar ke Indonesia.

"Daripada jumlah positif Covid-19 tersebut, negara yang telah dilawati adalah 99 case melawat ke Indonesia, 14 case melawat United Kingdom, 13 case ke Singapura, 5 case melawat Turki," ujar Dr. Noor Hisham Abdullah dalam sebuah video yang disiarkan https://www.thestartv.com/.

Baca Juga: Kadung Sayang Bak Punya Pacar, Guru MTs di Cianjur Sodomi Siswanya Hingga 20 Kali Sejak 7 Bulan Lalu, Polisi: Perlakukan Korban Layaknya Kekasih

Sisanya, 3 kasus dari Belanda, 2 kasus dari Amerika Serikat, masing-masing 1 kasus dari Thailand, Perancis, dan Bangladesh.

3.862 Pasien Malaysia Sembuh

Thestartv.com melaporkan, Malaysia melaporkan 38 kasus Covid-19 lainnya pada hari Minggu (26 April), sehingga jumlah total infeksi Covid-19 di negara itu menjadi 5.780.

Korban tewas tetap 98 orang, menurut Datuk Dr Noor Hisham Abdullah.

Baca Juga: Stiker Fotonya Nempel dan Timpa Botol Hand Sanitizer dari Kemensos Hingga Viral, Bupati Klaten Sebut Ada Kekeliruan: Mestinya Tak Ditempeli

Ini adalah kedua kalinya sejak perintah melakukan the movement control order atau kontrol gerakan (pembatasan sosial) tidak ada kematian yang dicatat dalam 24 jam.

Malaysia juga mengeluarkan lebih dari 100 pasien, yang berarti 3.862 pasien telah pulih dari Covid-19 sejak wabah dimulai.

Jumlah kasus aktif sekarang tercatat 1.820 kasus.

Pada briefing media harian Covid-19 Kementerian Kesehatan, Dr Noor Hisham mengatakan 36 pasien dirawat di unit perawatan intensif sementara 15 lainnya membutuhkan ventilator.

Baca Juga: Asyik Mesra-mesraan Berujung Tragis! Pasangan Sejoli Ini Tewas Jatuh dari Ketinggian 15 Meter Gegara Terlalu Khidmat Berciuman di Pinggir Jembatan

"Pada pengujian Covid-19 di area MCO yang ditingkatkan, ada 638 kasus positif. Dari jumlah tersebut, 388 pasien adalah orang asing dan 250 adalah orang Malaysia.

"Ada kasus baru di Menara City One dan lima kasus baru di Malayan Mansion. Di pasar grosir Kuala Lumpur, ada sembilan lagi kasus baru.

"Pada 26 April, dari 12.670 yang diputar di pusat karantina, 139 dinyatakan positif," kata Dr Noor Hisham.

Dia menambahkan bahwa sebagian besar yang dites positif adalah mereka yang mengunjungi Indonesia.

Baca Juga: 10 Tahun Berumah Tangga Harmonis Tanpa Ribut soal Perceraian, Wendy Cagur Nyatanya Pernah Ditinggal Istri Berbulan-bulan Hingga Nyaris Cerai: Bisa Duda 10 Kali dalam Sehari!

Ketika ditanya pada laporan internasional bahwa antibodi yang dihasilkan selama infeksi pertama tidak memberikan perlindungan yang cukup dari infeksi kedua, Dr Noor Hisham mengatakan bahwa ini dimungkinkan karena antibodi yang dihasilkan tidak cukup.

"Inilah sebabnya kami memberikan konseling sebelum mengeluarkan pasien untuk memastikan bahwa mereka masih terus mengambil tindakan pencegahan bahkan setelah meninggalkan rumah sakit," kata Dr Noor Hisham.

Sementara itu, dalam akun facebook Kementerian Kesehatan Malaysia juga dilaporkan perkembangan kasus Virus Corona di Malaysia.

Dalam FB tersebut dilaporkan, 12.672 WN Malaysia yang bepergian ke luar negeri telah dilakukan test Covid-19.

Baca Juga: Tak Tahu Adab! Di tengah Duka Kehilangan Suami, Orang Ini Sempat Nyinyir BCL Akan Bahagia Ketiban Warisan Dari Mendiang Ashraf

Sebanyak 139 orang didapati positif Covid-19 (1,1persen).

"Daripada jumlah positif COVID-19 tersebut, negara yang telah dilawati adalah: 99 kes melawat Indonesia, 14 kes melawat United Kingdom, 13 kes telah Singapura, 5 kes melawat Turki, 3 kes melawat Belanda, 2 kes melawat Amerika Syarikat, 1 kes masing-masing melawat Thailand, Perancis dan Bangladesh," demikian info dari FB Kementerian Kesihatan Malaysia.

Baca Juga: Baru Jalan 2 Tahun Menikah dengan Adik Irwansyah, Artis Cantik Ini Pilih Cerai, sang Suami Digosipkan Kena Tikung Pagar Ayu Resepsi Pernikahannya

Data Badan Kesehatan Dunia (WHO), hingga Minggu (26/4/2020), jumlah kasus Virus Corona di Malaysia tercatat 5.742 kasus.

Dari 5.742 kasus itu, sebanyak 98 orang di antaranya meninggal dunia.

Jumlah kasus baru di Malaysia adalah 51 orang, dan kemarian baru 2 orang. (*)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul BREAKING NEWS: Malaysia Sebut 71,22 Persen Kasus Virus Corona Diimpor dari Indonesia, Ini Datanya

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Wartakotalive.com

Baca Lainnya