PM Inggris Ngambek, Lockdown Negeri Ratu Elizabeth Gegara Ulah Warganya Abaikan Social Distancing

Rabu, 25 Maret 2020 | 09:00
worldatlas.com

PM Inggris Ngambek, Lockdown Negeri Ratu Elizabeth Gegara Ulah Warganya Abaikan Social Distancing

Sosok.ID - Social Distancing atau gampangnya jaga jarak antar sesama menjadi perilaku penting saat wabah corona melanda.

Indonesia sudah menerapkan aturan ini walau sebagian warga masih acuh dengan Social Distancing.

Nyatanya bukan hanya warga +62 saja yang acuh akan Social Distancing.

Masyarakat Inggris pun nyatanya juga tak mau nurut disuruh berdiam diri di rumah walau corona sedang melanda negararanya.

Pemerintah Inggris mengumumkan pemberlakuan lockdown selama 3 pekan pada Senin (23/3/2020).

Baca Juga: Disimpan di Dalam Gudang, Ratusan Dus Masker RSUD Pagelaran Cianjur Raib Dicuri, Polisi Duga Ada Keterlibatan Orang Dalam: Tak Ada Pintu dan Jendela yang Rusak

Pemberlakuan lockdown ini bentuk kekecewaan pemerintah Inggris terhadap warganya sendiri yang mengabaikan instruksi untuk melakukan social distancing.

Terlihat orang-orang masih berkerumun menikmati sinar matahari akhir pekan di taman dan pedesaan, yang mendorong pemerintah membuat aturan lebih keras.

"Mulai malam ini (Senin) saya harus memberikan instruksi sederhana kepada rakyat Inggris - Anda harus tinggal di rumah," kata Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson dalam pidato yang disiarkan televisi inggris, dikutip dari kantor berita AFP.

"Karena hal penting yang harus kita lakukan adalah menghentikan penyebaran penyakit antara rumah tangga," lanjut pria kelahiran New York tersebut.

Salah dua aturan yang tercantum di kebijakan lockdown ini adalah penutupan toko serta layanan yang "tidak penting", dan melarang pertemuan lebih dari dua orang.

Baca Juga: Viral Pemakaman Diduga Pasien Virus Corona yang Meninggal Tak Sesuai Standar, Penggali Kubur Tak Kenakan Pakaian Pelindung, Begini Tata Cara yang Benar Menurut Menag!

Dalam aturan baru ini, Johnson mengatakan pergi keluar untuk berbelanja kebutuhan pokok masih diperbolehkan, begitu pula dengan kebutuhan medis, olahraga, serta perjalanan dari dan ke tempat kerja.

Namun toko-toko yang menjual barang-barang seperti pakaian atau eletronik serta perpustakaan, taman bermain, dan tempat-tempat ibadah akan ditutup.

Larangan juga berlaku untuk pernikahan dan pembaptisan, tapi tidak untuk pemakaman.

Taman akan tetap dibuka tapi Johnson memperingatkan,

"Jika Anda tidak mengikuti aturan, polisi akan bertindak, termasuk dengan denda dan membubarkan perkumpulan."

Pria 55 tahun itu menyebut pandemi ini "ancaman terbesar" yang dihadapi negara selama beberapa dekade.

Johnson juga mengatakan Layanan Kesehatan Nasional atau National Health Service (NHS) yang dikelola pemerintah tidak akan mampu mengatasi jika laju penularan berlanjut.

Baca Juga: Menikah Diusia 18 Tahun, Ternyata Tegar 5 Tahun Lebih Muda Dari Pasangannya, Sang Istri Bukan Orang Sembarangan!

Selanjutnya, aturan lockdown ini akan ditinjau lagi dalam tiga minggu ke depan.

"Kami akan meninjau lagi dalam tiga minggu, dan akan menenangkan mereka (rakyat) jika bukti menunjukkan kami mampu."

"Tapi saat ini tidak ada pilihan yang mudah. Jalan di depan itu sulit, dan benar bahwa banyak nyawa akan hilang," kata Johnson.

Hingga berita ini dirilis, Inggris mencatatkan total 6.650 kasus virus corona, dengan 335 korban meninggal dan 135 pasien sembuh.

Kematian pertama akibat penyakit Covid-19 di Negeri "Ratu Elizabeth" terjadi pada 5 Maret 2020.

Pemerintah Inggris sempat dikecam karena menerapkan aturan yang lebih ringan, dibandingkan aturan ketat negara-negara lainnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PM Inggris Umumkan Lockdown 3 Minggu Gara-gara Warganya Tak Tertib Terapkan Social Distancing

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : tribunnews

Baca Lainnya