Salah Satu Wilayah di Pulau Jawa Ini Berpotensi Alami Gempa Hingga Tsunami Dahsyat, BMKG Beberkan Kemungkinannya Seperti Ini!

Minggu, 01 Maret 2020 | 08:35
foto : brightside.me

(Ilustrasi) Salah Satu Wilayah di Pulau Jawa Ini Berpotensi Alami Gempa Hingga Tsunami Dahsyat, BMKG Beberkan Kemungkinannya Seperti Ini!

Sosok.ID-Indonesia merupakan negara yang sering dilanda gempa bumi.

Beberapa waktu lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)ungkap potensi adanya gempa bumi dahsyat hingga bisa memicu tsunami di Sukabumi, Moms.

Dalam akun Instagram resmi BMKG, @infobmkg, diperlihatkan ilustrasi adanya tsunami yang menyeramkan.

Dalam caption, pihak BMKGmenjelaskansoal potensi zona megathrust yang dapat memicu gempa dan tsunami di Sukabumi.

Baca Juga: Tak Mau Kalah Dengan Ketiga Anaknya, Janda Asal Ciamis Barengkan Resepsi Pernikahannya Bersama 3 Putrinya di Lapangan Bola, Kisah Akad Nikahnya Bikin Kaget!

Menurutnya, pesisir Sukabumi secara tektonik berhadapan denganzona megathrust Samudra Hindia.

Zona tersebut merupakan zona subduksi lempeng aktif dengan aktivitas kegempaan yang tinggi.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa, wilayah di Jawa Barat dan Banten beberapa kali mengalami gempa dengan kekuatan yang besar seperti gempa pada22 Januari 1780 (M=8.5), 27 Februari 1903 (M=8.1), dan 17 Juli 2006 (M=7.8).

Tak disangka, menurut hasil kajian dari BMKG tahun 2011, zona megathrust selatan Sukabumi bisa memicu gempa hingga magnitudo 8,7, Moms.

Baca Juga: Ribut Soal Pupuk Cair, Dua Pria Lansia di Sulawesi Selatan Terlibat Adu Mulut, Satu Tewas dengan Mata Tercungkil dan Kemaluan yang Terpotong

Instagram/ @infobmkg

BMKG beri pernyataan soal zona megatrhust Sukabumi

Lebih lanjut,pihaknya mengaku tak bermaksud untuk menakut-nakuti warga namun hal itu menjadi peringatan bagi pemerintah agar segera menyiapkan upaya mitigasi bencana.

"Bukanuntuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan agar pemerintah daerah segera menyiapkan upaya mitigasinya secara tepat, baik mitigasi struktural (teknis) maupun kultural (non teknis),"jelasnya.

BMKG juga menjeskan bahwa gempa yang bisa terjadi dengan kekuatan magnitudo 8,7 bisa menghancurkan berbagai bangunan.

Baca Juga: Semalaman Lihat Nagita Slavina Nangis di Pelukan Raffi Ahmad, Rafathar Bikin sang Ibu Terenyuh Saat Lihat Reaksinya yang Baru Saja Kehilangan sang Calon Adik: Mama Sedih ya?

Jika dimasukkan skenario model tsunami,maka wilayah Pantai Sukabumi diperkirakan berpotensi mengalami status ancaman “AWAS” dengan tinggi gelombang di atas 3 meter.

BMKG menegaskan, bahwa kekuatan gempa mencapai magnitudo 8,7 yang telah dijelaskan sebelumnya adalah hasil dari kajian bukan prediksi.

Baca Juga: Hamil Anak Pertama Pasca 6 Tahun Nikah, Wanita Ini Jadi Korban Tabrak Orang Baru Belajar Mobil Hingga Tubuhnya Terhimpit Tiang Listrik, sang Suami Berlumuran Darah Bawa Istri ke RS

"Namun demikian, satu hal penting yang harus dipahami oleh masyarakat bahwa besarnya magnitudo M=8,7 tersebut diatas *adalah potensi hasil kajian dan bukan prediksi*," terangnya.

"*Hingga saat ini teknologi belum mampu memprediksi dengan tepat dan akurat kapan* gempa akan terjadi.Untuk itu, di tengah ketidakpastian kapan akan terjadi gempa yang berpotensi memicu tsunami, maka yang perlu dilakukan adalah upaya mitigasi dengan menyiapkan langkah-langkah kongkrit untuk meminimalkan risiko kerugian sosial, ekonomi, dan korban jiwa seandainya gempa benar terjadi,"tegas BMKG.

Baca Juga: Sambangi Rumah Besan dengan Tubuh Bungkuk dan Jalannya Harus Dipapah, Kakek Usia 103 Tahun Nikahi Wanita 30 Tahun, Ditanya Soal Malam Pertama Cuma Bisa Ketawa

Melihat unggahan tersebut, banyak warganet yang memanjatkan doa.

"Semoga ini tidak akan terjadi untuk saudar² kita yg ada disana aminnn,"tulis @bangbenz10.

"Bismillah semoga Allah selalu melindungi bangsa Ini terutama saya dan masyarakat sukabumi jabar..,"komentar @hafida_yossi.

"Semoga kita semua di lindungi oleh tuhan yg maha kuasa...,"tulis @donyiki0229. (Riska Yulyana Damayanti)

Artikel ini pernah tayang di Nakita.ID dengan judul "Bak Petir di Siang Bolong, BMKG Ungkap Soal Potensi Gempa Bumi Dahsyat dan Tsunami di Wilayah Ini hingga Banjir Doa dari Warganet"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : nakita.id

Baca Lainnya